banner 468x60

Resep Soto Betawi, Segar dan Bikin Nagih

  • Bagikan
Sajian soto betawi. (Youtube/Sobat Dapur)
Sajian soto betawi. (Youtube/Sobat Dapur)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Aneka soto hampir tersebar di seluruh Indonesia. Setiap daerah, memiliki soto dengan cita rasa khas daerah setempat. Sebut saja Soto Betawi.

Soto Betawi merupakan salah satu kuliner Indonesia dengan cita rasa khas dan nikmat. Keberadaannya kini bukan hanya di Jakarta, tapi juga berbagai wilayah Indonesia. Bagi yang ingin membuat sendiri di rumah, berikut ini resep soto Betawi.

Soto Betawi dikenal dengan kuah rempah-rempahnya yang kuat, gurih dan sangat nikmat. Soto Betawi memiliki resep berbeda dengan soto pada umumnya. Biasanya, kuah soto Betawi ini dicampur santan dan susu.

Nah, bagi yang suka memasak dan ingin mencoba bikin soto betawi di rumah, simak berikut ini resep soto Betawi yang dilansir dari kanal YouTube Sobat Dapur, yang dikutip Suara.com.

Bahan-Bahan

Bawang merah 10 siung
Bawang putih 5 siung
Kemiri 5 buah
Kunyit ½ ruas jari
Daun salam 2 lembar
Daun Jeruk 4 lembar
Sereh/serai (digeprek)
Jahe 2 ruas jari (digeprek)
Lengkuas 2 ruas jari (digeprek)
Cengkeh 2 batang
Kapulaga 1 buah
Kayu manis 1
Kembang lawang 1
Penyedap rasa 1 sdt
Garam 2 sdt
Lada bubuk 1 sdt
Gula pasir 1 sdt
Ketumbar ½ sdt
Jinten ½ sdt
Air untuk merebus daging 700 ml
Minyak goreng untuk menumis

Isian Soto Betawi :

Daging sapi 500gr
Santan 600ml
Susu putih cair 250 ml + air 500ml
Kentang yang sudah digoreng
Daun bawang (iris-iris)
Jeruk limo
Tomat
Sambal rawit
Emping
Bawang goreng

Cara Membuat Soto Betawi

Pertama-tama, goreng terlebih dulu bawang merah, bawang putih kemiri, dan kunyit hingga layu. Sambil menggoreng, lanjutkan dengan menghaluskan ketumbar dan jinten (sudah disangrai) dengan cara diulek.

Matikan kompor jika bahan-bahan yang digoreng sudah layu, lalu campurkan bersama ketumbar dan jinten, ulek sampai halus. Jika sudah halus, nyalakan lagi kompornya, lalu tumis, aduk sebentar.

Kemudian, masukkan semua rempah-rempah seperti daun salam, daun jeruk, kembang lawang, kayu manis, jahe, serai, kapulaga, lengkuas, dan cengkeh, lalu aduk

Jika sudah harum, matikan kompor, sisihkah. Selanjutnya, nyalakan lagi kompornya untuk merebus daging sapi di dalam air 700 ml menggunakan tempat (panci/wajan) berbeda sampai mendidih dan empuk.

Jika sudah empuk, masukan bumbu tumisan, aduk sampai rata. Rebus hingga bumbu meresap dan daging benar-benar empuk. Masak sekitar 2 jam. Setelah itu kecilkan api, lalu masukan santan, susu cair, garam, lada bubuk, gula pasir, dan penyedap rasa, aduk rata sampai mendidih.

Jika sudah mendidih, angkat dagingnya, matikan kompor. Untuk penyajian, daging rebusan tadi kemudian digoreng

Saran Penyajian

Iris tipis daging yang sudah digoreng, lalu masukan ke dalam mangkok. Kemudian, masukan kentang, potongan tomat, lalu siram dengan kuah soto dan perasan jeruk limo. Tambahkan juga daun bawang, bawang goreng, sambal (sesuai selera) dan emping.

Soto Betawi siap disajikan.

Nah, itulah resep soto betawi yang enak dan bikin nagih yang ala kanal YouTube Sobat Dapur. Selamat mencoba!

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: