Bagi-bagi Kue Kekuasaan Ala Gubernur Sutarmidji

  • Bagikan
Komisaris PTPN XIII, Subehan Noviar bersama Gubernur Kalbar, Sutarmidji
Komisaris PTPN XIII, Subehan Noviar bersama Gubernur Kalbar, Sutarmidji di momen Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalbar 2018. Saat itu, Subhan menjadi Jenderal Relawan Pemenangan Midji-Norsan. (Ist)

Subhan Noviar terpilih sebagai Komisaris di PTPN XIII. Munculnya mantan Tim Sukses Midji-Norsan dalam pemilihan Gubernur Kalbar, memunculkan spekulasi di masyarakat. Gubernur Sutarmidji melakukan bagi-bagi kekuasaan pada mantan penyokongnya. Di sisi lain, PTPN XIII “perusahaan sedang sakit” dan Subhan tak memiliki track record mengelola bisnis perkebunan.

Subhan Noviar ditunjuk menjadi Komisaris PTPN XIII berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), pada Kamis 18 Agustus 2021. Pemegang saham PTPN XIII terdiri dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Holding PTPN XIII.

“Beliau sudah dilantik. Pelantikannya dilakukan secara virtual,” kata Ahmad, Kepala Bagian  Sekretaris PTPN XIII, Senin (23/8/2021).

Nama Subhan pun jadi catatan panjang perjalanan PTPN XIII di Kalbar. Ada aroma kentara bermuatan politis dengan terpilih Subhan. Dalam catatan Insidepontianak.com, pada kepala daerah berbeda, penunjukan pejabat di PTPN XIII, juga sarat dengan faktor kedekatan sang pemimpin daerah.

Di era Gubernur Kalbar Usman Jafar dan Cornelis, misalnya. Ada nama Agus Pakpahan dan Thadeus Yus, terpilih menjadi Dewan Komisaris PTPN XIII, dan disebut-sebut dekat dengan dua kepala daerah itu.

Agus Pakpahan merupakan Komisaris Utama PTPN XIII, periode 2008-2013. Sebelumnya, ia berkarier di Kementerian BUMN. Sedangkan Thedus Yus sebagai anggota Komisaris periode 2008-2013. Sebelumnya, ia merupakan Ketua Umum Dewan Adat Dayak Kalimantan Barat.

Di era Gubernur Sutarmidji, nama Subhan, sudah menjadi rahasia umum, ia punya kedekatan dengan Sutarmidji. Bukan tanpa alasan. Pada pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalbar 2018, Subhan tercatat sebagai Jenderal Relawan pemenangan Midji-Norsan.

Dia terlibat langsung saat kampanye dan pemenangan pasangan Midji-Norsan. Aktivitas itu terlihat nyata. Juga dalam jejak digital di berbagai media. Subhan kerap muncul dampingi Sutarmidji dan Norsan. Pasca-Pilgub, Subhan menjabat Dewan Pengawas Independen Perusda Kalbar. Ia dilantik langsung Gubernur Sutarmidji.

Pasca-terpilih jadi Komisaris PTPN XIII, belakangan, Subhan diketahui sudah mundur dari Dewas Perusda. Direktur Utama Perusda, Syariful Hamzah Nauly membenarkan kabar mundurnya Subhan.

“Sudah tidak, tidak. Beliau mengundurkan diri,” kata Syariful Hamzah Nauly, kepada Insidepontianak.com, Selasa (31/8/2021).

Subhan mundur dari Dewas Perusda sejak Januari 2021. Hingga kini, posisi Dewas Perusda masih kosong.

Selain masuk di tim sukses Gubernur, Subhan terlibat aktif dalam politik praktis. Pada laman www.kpu.go.id, Subhan tercatat sebagai Calon Legislatif (Caleg) DPR RI 2019. Menggunakan Partai Golkar. Namun, ia gagal melenggang ke Senayan. Subhan hanya memperoleh 13.203 suara.

Di laman www.semengresik.sig.id, pria kelahiran Pontianak, 24 November 1975 ini, juga dipilih kembali menjadi Direktur Utama PT Semen Gresik (SG), berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar pada Jumat, 1 Januari 2021.

Namun, pascaterpilih menjadi komisaris di PTPN XIII, belum diketahui, dia sudah mundur atau belum dari jabatan Dirut PT Semen Gresik itu. PT Semen Gresik sudah berganti nama menjadi PT Semen Indonesia (Persero).

Insidepontianak mengkonfirmasi Subhan Noviar. Namun, ia belum bersedia ditemui untuk wawancara. Alasannya, ia masih mempersiapkan semuanya.

“Maaf, saya akan mempersiapkan pertemuan kecil-kecilan sama beberapa kawan-kawan wartawan. Nanti sekalian ya di pertemuan tersebut wawancaranya,” kata Subhan melalui pesan WhatsApp, Senin (23/8/2021).

Demikian juga dengan Gubernur Kalbar, Sutarmidji. Saat dikonfirmasi untuk wawancara dan ditelepon, ia tak menjawab. Pesan yang dikirim melalui WhatsApp, hanya dibaca.

Subehan Noviar Foto Bersama Gubernur Sutarmidji
BERSAMA – Subhan Noviar berfoto bersama Gubernur Kalbar Sutarmidji saat suksesi pemenangan Pilgub Kalbar 2018. Saat itu, Subhan yang kini menjabat sebagai Komisaris PTPN XIII, saat itu mejadi Jenderal Relawan pemenangan Midji-Norsan. (Ist)
Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: