Ini Dia, Hiu Tertua di Dunia

  • Bagikan
Hiu Greeland. suara.com
Hiu Greeland. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Hiu sering disebut sebagai fosil hidup karena memiliki rentang hidup yang panjang. Hiu pertama muncul dalam catatan fosil sekitar 450 juta tahun yang lalu dan mampu bertahan hidup melalui lima kepunahan massal.

Dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal Science, para ahli mencari tahu berapa lama hiu bisa hidup dan jenis hiu tertua yang pernah tercatat dalam sejarah.

Pada skala umur panjang yang lebih rendah, hiu martil besar (Sphyrna mokarran) hidup sekitar 44 tahun, meskipun dalam satu kasus penangkapan hiu di Florida menemukan hiu itu berusia 50 tahun.

Sementara itu, hiu putih besar (Carcharodon carcharias) dapat hidup hingga 70 tahun. Namun, dari semua spesies hiu, hiu Greenland paling menarik perhatian karena umur panjangnya yang membingungkan para ahli.

“Hiu Greenland adalah spesies hiu yang hidup paling lama sejauh ini,” kata Brynn Devine, ahli biologi kelautan di University of Windsor dan pakar konservasi hiu Greenland, seperti melansir dari Live Science, dikutip Suara.com, belum lama ini.

Hiu Greenland (Somniosus microcephalus) umumnya hidup di dasar laut di Atlantik Utara dan Arktik.

Dalam studi tersebut, para peneliti menentukan bahwa usia rata-rata sekelompok 28 hiu Greenland dalam sampel adalah 272 tahun.

Hiu tertua dalam kelompok itu diperkirakan berusia 392 tahun, beberapa beranggapan umurnya lebih ataupun kurang 120 tahun. Hal itu menyebabkan kesalahpahaman bahwa hiu tertua berusia 512 tahun.

Devine menambahkan bahwa metode penanggalan konvensional tidak berhasil diterapkan pada hiu Greenland untuk menghitung rentang umurnya.

Sebaliknya, para ilmuwan mengandalkan penanggalan radiokarbon untuk memperkirakan usia hiu Greenland. Dalam kasus ini, para ahli mengambil sampel jaringan dari lensa mata yang terbentuk saat hiu lahir dan menentukan usia setiap hiu berdasarkan rasio isotop karbon di mata hewan.

Namun sayangnya, para peneliti hanya tahu sedikit tentang metabolisme hiu Greenland sehingga tidak jelas apa yang memungkinkan satwa itu mampu hidup sangat lama.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: