Ngaji Jurnalistik PCNU Singkawang Dorong Kader Produktif Menulis

  • Bagikan
Pelatihan JJurnalistik PCNU Kota Singkawang
Peserta mempraktikkan teknik wawancara ke Ketua PCNU Kota Singkawang, Edy Purwanto. (Ist)

SINGKAWANG, insidepontianak.com – Guna meningkatkan potensi kader dalam keterampilan menulis berita, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Singkawang menggelar pelatihan jurnalistik pada Sabtu, 4 September 2021, di sekretariat Fatayat NU Singkawang.

Kegiatan bernama Ngaji Jurnalistik itu, diikuti belasan peserta. Terdiri dari perwakilan pelajar putra dan putri NU (IPNU/IPPNU), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Fatayat NU dan santri dari Rumah Tahfidz Umar bin Khattab.

Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Singkawang, Edy Purwanto mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melahirkan kader-kader muda NU, yang dapat berperan aktif dalam kemajuan media informasi. Di antaranya dengan mengambil bagian menjadikan seorang pewarta.

“Kita harapkan bahwa mereka akan menjadi wartawan media informasi online khususnya yang dikelola oleh PCNU Singkawang yang dipimpin oleh ustaz Amin, sehingga nanti situs NU Online Singkawang itu semakin maju,” kata Edy Purwanto saat diwawancara di sela kegiatan.

Ngaji Jurnalistik ini merupakan program PCNU Kota Singkawang dalam penguatan kader dan kelembagaan di bidang teknologi dan informasi.

Senada dengan Edy, ketua panitia sekaligus Pemimpin Redaksi (Pemred) NU Online Singkawang, M Amin mengatakan, digelarnya pelatihan untuk mencetak kader muda nahdliyyin agar terampil  dalam menulis berita.

Pelatihan ini juga dimaksudkan supaya nantinya peserta yang telah dibekali pengetahuan jurnalistik dan mampu membuat berita, dapat bergabung ke dalam NU Online Singkawang sebagai pewarta.

“Masih minimnya jurnalis kita, sehingga perlu ada tambahan jurnalis baru. Maka, diadakan acara ini yang tujuannya untuk menghasilkan jurnalis-jurnalis NU,” kata Amin.

Ngaji Jurnalistik dibuka secara resmi oleh Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Singkawang. Pelatihan tersebut menghadirkan dua narasumber yakni Pemred NU Online Singkawang dan Umar Faruq, mantan wartawan salah satu koran lokal di Kalimantan Barat.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: