Wajib Dengar! Konsumsi Gandum Bisa Cegah Diabetes Lho

  • Bagikan
Manfaar Gandum bagi kesehatan. suara.com
Manfaar Gandum bagi kesehatan. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Sebuah studi terkini menyoroti manfaat mengonsumsi gandum yang disebut bisa mencegah diabetes tipe 2.

Diabetes merupakan salah satu penyakit tidak menular yang mulai menyerang dewasa muda. Gaya hidup menjadi salah satu alasan mengapa penyakit ini kian banyak diidap masyarakat.

Untuk apakah gandum benar bisa mencegah diabetes, para peneliti di Universitas Teknologi Chalmers di Swedia bekerjasama dengan Pusat Penelitian Masyarakat Kanker Denmark menganalisis data lebih dari 55 ribu lelaki dan perempuan berusia 50 hingga 65 tahun.

Hasilnya, responden yang mengonsumsi setidaknya 50 gram gandum setiap hari lebih rendah risikonya mengidap diabetes tipe 2 selama periode 15 tahun. Jika dikelompokkan menurut gender, lelaki yang rutin mengonsumsi gandum berisiko 34 persen lebih kecil mengidap diabetes dan pada perempuan risikonya hanya tinggal 22 persen.

Menariknya, semua jenis gandum memiliki manfaat yang sama dalam mencega diabetes. Pedoman diet dari Departemen Pertanian Amerika Serikat merekomendasikan konsumsi gandum 3-4 porsi sehari bagi orang dewasa.

Dalam sebuah pernyataan, peneliti senior Rikard Landberg mengatakan bahwa belum pernah ada satu penelitian yang menunjukkan efek kesehatan negatif mengonsumsi biji-bijian termasuk gandum.

Nah, sudah tahu kan manfaat gandum untuk mencegah diabetes? Tunggu apa lagi, sering-sering makan gandum untuk cegah diabetes mulai saat ini ya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: