Berita Bohong di Facebook Lebih Populer

  • Bagikan
Facebook. suara.com
Facebook. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak. com – Berita bohong atau hoaks hampir berseliweran di banyak media sosial. Faktanya, banyak yang terpengaruh akan berita bohong tersebut.

Dari banyak platform media sosial, yang paling terpopuler adalah Facebook. Ini berdasarkan, sebuah studi terbaru yang mengungkap bahwa berita bohong di Facebook lebih populer dibandingkan berita nyata atau asli.

Hal ini terlihat selama pemilihan Amerika Serikat 2020. Dilansir Independent, dikutip Suara.com, Senin (6/9/2021), para peneliti di Universitas New York dan Université Grenoble Alpes Prancis mengungkapan penemuannya.

Dari Agustus 2020 hingga Januari 2021, artikel dari penyedia informasi salah, enam kali lebih banyak disukai, bagikan, dan interaksi daripada artikel berita yang asli.

“Studi ini menambah semakin banyak bukti bahwa, terlepas dari berbagai upaya mitigasi, informasi yang salah telah menemukan rumah yang nyaman di Facebook,” kata Dr Rebekah Tromble, kepala Institut Data, Demokrasi dan Politik di Universitas George Washington.

Facebook mengatakan penelitian ini tidak menunjukkan gambaran lengkap.

“Laporan ini sebagian besar melihat bagaimana orang terlibat dengan konten dari Halaman, yang mewakili jumlah yang sangat kecil dari semua konten di Facebook,” kata juru bicara Facebook kepada The Independent.

Dr Tromble menanggapi poin ini di Twitter, menunjukkan bahwa data tentang berapa banyak orang yang benar-benar melihat postingan adalah sesuatu yang dirahasiakan Facebook.

“Sudah waktunya bagi Facebook untuk memasang atau tutup mulut. Jadikan data tersedia untuk pengawasan eksternal yang independen atau hentikan pengulangan yang melelahkan ini,” tegasnya.

Informasi yang salah di media sosial telah menjadi masalah yang sangat serius tahun ini, ketika Amerika Serikat berjuang untuk mendapatkan semua warganya divaksinasi untuk Covid-19.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: