Disdukcapil Kayong Utara akan Segera Merekam e-KTP di Daerah Kepulauan

  • Bagikan
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kayong Utara berencana akan menggunakan jaringan satelit untuk melakukan perekaman bagi warga yang ada di kepulauan. (MC Kayong Utara)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kayong Utara berencana akan menggunakan jaringan satelit untuk melakukan perekaman bagi warga yang ada di kepulauan.

“Salah satu solusi yang sangat memungkinkan, kita hadirkan jaringan sendiri (V-sat) namun perlu biaya yang cukup besar,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kayong Utara, Aslinda, di Sukadana, Sabtu (4/9/2021).

Ia mengungkapkan, tidak jarang petugas Dukcapil setempat gagal melakukan perekaman terhadap warga yang telah antusias dan berharap memiliki e-KTP, namun karena pihaknya kesulitan mencari sinyal internet beberapa desa di pulau terpecil tersebut membuat perekaman gagal dilakukan.

“Karena saat ini untuk rekam cetak KTP elektronik diperlukan dukungan jaringan internet sebagai penghantar untuk rekam database perseorangan, jadi sekarang kami belum bisa tindak lanjuti kembali untuk rekam cetak KTP elektronik di Kepulauan Karimata,” kata dia.

Sebanyak 872 warga di Kecamatan Kepulauan Karimata Kabupaten Kayong Utara belum memiliki KTP elektronik, akses yang sulit dan jaringan internet yang tidak mendukung membuat warga terpencil tersebut sulit mengurus administrasi kependudukan.

“Di kecamatan Kepulauan Karimata total warga KKU yang belum rekam cetak KTP elektronik kurang lebih 872 jiwa, dengan rincian di Desa pelapis 132 jiwa, Desa Betok Jaya 147 jiwa dan Desa padang 593 jiwa,” kata dia. (Ril)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: