Investasi Jangka Panjang: Perhatikan 3 Hal Ini, Jika Ingin Membeli Rumah

  • Bagikan
Membeli rumah impian. suara.com
Membeli rumah impian. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Banyak cara dilakukan untuk memiliki investasi. Apakah investasi jangka pendek, menengah atau jangka panjang. Salah satu investasi yang tak pernah salah adalah membeli rumah.

Yups, membeli rumah merupakan sebuah invenstasi jangka panjang. Akan tetapi tak semua orang memiliki kemampuan untuk membeli rumah. Apalagi rumah tidak membutuhkan uang yang sedikit.

banner 336x280

Jika saat ini Andai ngin membeli rumah, setidaknya ada tiga hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu.

Hal tersebut dikatakan oleh Country Director Element, Inc Ardelia Apti dalam acara bertajuk ‘Menyulap Rumah Berusia Tua, Menjadi Rumah Fungsional,” dikutip Suara.com, belum lama ini.

Tiga hal yang harus dipersiapkan itu adalah;

1. Buat prioritas keuangan

Kita mungkin tergoda untuk membeli apa saja. Akan tetapi ketika niat membeli rumah sudah ada, satu hal yang perlu dilakukan adalah membuat prioritas keuangan.

Pastikan hanya membeli apa yang dibutuhkan bukan yang diinginkan. “Buat pilihan dan prioritas yang jelas apa saja yang mau kita beli. Dan apa yang harus kita korbankan supaya kita bisa menabung dengan baik,” ungkapnya.

2. Cari opsi jika ingin membeli sesuatu

Sama dengan mengatur keuangan, saat membeli barang kita juga perlu mencari opsi. Seperti mana yang menjadi kebutuhan dan mana barang yang harganya lebih murah. Sebab jika tidak diatur, membeli rumah bisa saja tidak terwujud. Artinya Anda perlu mengorbankan beberapa hal jika ingin membeli rumah.

“Sebenarnya habit yang kita bangun itu kebiasaan untuk tidak impulsif dalam membeli apapun. Jadi ini agak membantu, apalagi saat proses membeli rumah,” katanya.

3. Investasi

Saat membeli rumah, Ardelia Apti mengatakan yang harus dilakukan adalah investasi untuk diri sendiri. Mulai dari membangun karier hingga masuk kategori mampu membayar cicilan rumah.

“Investasi terbesar itu ya diri kita sendiri. Karena kita yang membayar rumah buat diri kita. Jadi perlu membangun skill dan karier kita supaya bisa membayar diri kita,” ungkapnya.

Komentar
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: