Kenali 5 Makanan Indonesia yang Hebohnya Sedunia

  • Bagikan
Soto, salah satu makanan khas Indonesia yang mendunia. suara.com
Soto, salah satu makanan khas Indonesia yang mendunia. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Bicara makanan, Indonesia masuk nomor satu untuk urusan makanan lezat. Jangan salah, makanan Indonesia terkenal dengan berbagai macam kuliner.

Setiap daerah pasti memiliki makanan khasnya masing-masing. Tidak cuma eksis di kancah nasional, beberapa makanan khas Indonesia bahkan telah dikenal global.

Berikut Suara.com merangkum makanan Indonesia yang terkenal hingga ke dunia yang setidaknya wajib kamu coba sekali seumur hidup.

1. Soto

Soto adalah makanan sejenis sup yang berisi daging dan kuah kaldu. Daging yang dipakai dalam soto biasanya adalah daging ayam, daging kambing, atau daging sapi.

Di Indonesia ada berbagai jenis soto. Beberapa daerah memiliki jenis soto dengan bumbu yang berbeda-beda. Misalnya soto lamongan, soto madura, soto betawi, dan coto makassar.

Selain itu, penyajiannya juga bermacam-macam, misalnya soto lamongan yang terkenal dengan tambahan bumbu koyanya. Ada pula yang memakan soto dengan tambahan lontong, sate, atau telur asin.

2. Rendang 

Makanan satu ini merupakan asli daerah Minangkabau, terbuat dari daging sapi yang dimasak lama bersama santan dan bumbu, hingga hanya menyisakan potongan daging dan bumbu kentalnya saja.

Karena dimasak lama, rendang dapat bertahan selama berminggu-minggu di suhu ruangan. Kita dapat dengan mudah menjumpai rendang di setiap rumah makan padang dan selalu menjadi salah satu menu favorit.

Selain populer di Indonesia, kelezatan rendang juga terkenal hingga ke mancanegara. Pada tahun 2011, rendang dinobatkan menjadi peringkat satu makanan terenak di dunia versi CNN Internasional.

3. Sate 

Sate atau satay adalah makanan khas Indonesia yang dibuat dari daging yang dipotong kecil, kemudian ditusukkan pada bambu, dibakar di atas arang dengan bumbu kecap. Daging yang dipakai untuk sate biasanya adalah daging ayam, daging kambing, atau daging sapi.

Penyajian sate pada umumnya menggunakan bumbu kacang dengan potongan bawang merah mentah. Sebagai sumber karbohidratnya, sate lebih cocok jika dimakan dengan lontong. Di Indonesia ada beberapa jenis sate yakni sate madura, sate ponorogo, sate maranggi, dan sate lilit.

4. Gado-gado 

Makanan satu ini kerap dijumpai di berbagai kota. Bahkan konon katanya, ada yang menyebut gado-gado khas Jakarta. Gado-gado dibuat dari sayuran yang direbus kemudian disajikan bersama bumbu kacang, telur rebus, dan kerupuk.

Biasanya gado-gado juga diberi tambahan lontong atau nasi, meskipun pada dasarnya bukanlah makanan utama, melainkan kudapan yang dikonsumsi untuk menunda lapar di jam-jam tanggung.

5. Nasi Goreng 

Makanan sejuta umat ini memang tidak pernah salah, cara membuatnya yang sangat mudah dengan bahan-bahan yang pasti ada di dapur, membuatnya dijadikan menu andalan kala lapar di malam hari atau sarapan pagi.

Nasi goreng dibuat dengan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai, dan garam yang dihaluskan, kemudian ditumis bersama nasi.

Biasanya nasi goreng disajikan dengan telur goreng atau sosis, tak lupa lalapan timun dan selada agar lebih sedap. Salah satu tokoh dunia yang menyukai nasi goreng adalah mantan presiden Amerika Serikat, Barrack Obama.

Itulah 5 makanan Indonesia yang kelezatannya diakui oleh dunia. Sebagai warga Indonesia sudah seharusnya kita melestarikan makanan-makanan tersebut dan menjaganya agar tidak diakui bangsa lain.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: