4 Masjid Indah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Lho

  • Bagikan
Salah satu masjid indah di Rusia, yang dikenal dengan masjid biru.net
Salah satu masjid indah di Rusia, yang dikenal dengan masjid biru.net

PONTIANAK, insidepontianak.com – Bagi umat Islam, masjid adalah pusat peradaban. Tak hanya tempat atau rumah ibadah tapi esensinya lebih dari itu.

Tugas utama masjid adalah tempat sholat. Sholat berjamaah di masjid sangat dianjurkan untuk mempererat tali silaturahmi dengan sesama muslim, bahkan Allah SWT memberi pahala lebih bagi umatnya yang sholat berjamaah.

Di zaman modern ini banyak masjid yang dibangun dengan megahnya, jadi selain untuk beribadah masjid-masjid tersebut juga dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melihat keindahannya atau umat muslim yang ingin beribadah di dalamnya.

Berikut ini adalah 4 masjid indah yang ada di empat negara, dirangkum Suara.com:

1. Masjid Agung Sheikh Zayed di Uni Emirat Arab

Ide untuk membuat masjid ini dicetuskan oleh pendiri negara Uni Emirat Arab yakni Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan.

Masjid yang dibangun di Abu Dhabi ini memiliki 82 kubah yang dihias dengan batu pualam putih. Kubah utamanya berdiameter 32.8 meter dan memiliki tinggi 85 meter dari luar. Arsitekturnya terinspirasi dari arsitektural Mughal, Maroko, dan Arab.

2. Masjid Sankt-Peterburg di Rusia

Sesuai dengan namanya, masjid ini terletak di kota Saint-Petersburg, Rusia. Dibangun pada tahun 1910 namun baru dibuka pada tahun 1913, masjid ini merupakan salah satu yang terbesar di Eropa dengan kapasitas sebesar lima ribu jamaah.

Menaranya memiliki tinggi 49 meter sedangkan kubahnya setinggi 39 meter dengan warna dominan abu-abu dan biru. Masjid ini di rancang oleh arsitek bernama Nikolai Vasilyev.

3. Masjid Raya Xi’an di Tiongkok

Seperti yang kita tahu bahwa agama Islam juga tersebar luas di tiongkok, dan Masjid Raya Xi’an ini merupakan masjid pertama yang didirikan, yakni pada abad ke-8 Masehi. Dengan arsitektur khas tiongkok masjid ini terlihat semakin indah dengan adanya ukiran-ukiran berbahasa arab.

4. Masjid Kubah Emas di Indonesia

Selain di luar negeri, Indonesia juga memiliki masjid yang indah nan megah. Salah satunya yang terkenal adalah Masjid Jami’ Dian Al-Mahri atau Masjid Kubah Emas yang berada di Depok, Jawa Barat, Indonesia.

Selain menjadi tempat ibadah umat muslim, masjid ini menjadi objek wisata, keindahan kubahnya menarik wisatawan untuk datang.

Masjid ini memiliki 5 kubah, 1 kubah utama dan 4 kubah kecil. Kubah utamanya memiliki tinggi 25 meter, sedangkan kubah kecilnya setinggi 8 meter. Masing-masing kubah ini dilapisi emas setebal 2-3 milimeter. Indah bukan?

Itulah masjid-masjid yang dibangun dengan megah, selain untuk tempat ibadah masjid tersebut juga merupakan bukti perkembangan Islam di negaranya.

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: