banner 468x60

Mahfud Ingin PON Juga Majukan Papua

  • Bagikan
Mahfud MD
Menko Polhukam Mahfud MD (Dok. Kemenko Polhukam/Suara.com)

JAKARTA, insidepontianak.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan atau Menko Polhukam Mahfud MD ingin pagelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX di Papua bisa memberi dampak kemajuan di Bumi Cenderawasih.

Mahfud juga meyakinkan, pelaksanaan PON di Papua berjalan baik dengan segala persiapan yang matang. Itu disampaikannya saat menggelar dialog bersama sejumlah tokoh masyarakat serta tokoh agama Papua untuk membicarakan persiapan PON ke XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI secara virtual, Selasa (7/9/2021).

Sebagaimana diketahui, PON XX Papua akan berlangsung mulai 2 hingga 15 Oktober 2021. Mahfud menjelaskan, alasan PON dan Peparnas diadakan di Papua karena ingin turut memajukan Bumi Cenderawasih.

“Karena kita ingin di Papua ini terjadi pesta olahraga yang mendorong kemajuan kita bersama di Papua. Presiden sendiri yang menyatakan PON ini harus sukses, antisipasi semua persoalan dan persiapan semua kebutuhan,” kata Mahfud dalam keterangan tertulisnya, sebagaimana dilansir dari Suara.com.

Mahfud sendiri bakal mengunjungi Papua pada akhir pekan ini untuk memastikan PON berjalan baik, lancar dan aman sesuai dengan amanat Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2021.

“Dengan PON, pemerintah ingin agar di Papua, negara benar-benar hadir, sebagaimana hadir di daerah-daerah dan provinsi-provinsi lain, kita maju bersama, torang bisa maju bersama,” ujarnya.

Lebih lanjut, sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan akademisi Papua menyuarakan kebanggaan rakyat Papua karena dipercaya oleh pemerintah menggelar PON XX dan Peparnas XVI. Menurut mereka, suksesnya PON adalah harga diri bagi rakyat Papua sekaligus kepercayaan Tuhan melalui pemerintah kepada rakyat Papua yang harus dijaga baik.

Ketua Persatuan Gereja-Gereja Papua (PGGP), Pendeta MPA Maury menyampaikan apresiasi kepada pemerintah dan berharap PON bisa berlangsung aman dan sukses.

“Mari kita rukun-rukun saja karena suksesnya PON ini harga diri bagi rakyat Papua, ini kepercayaan Tuhan melalui pemerintah kepada rakyat Papua yang harus dijaga baik,” ungkap Maury.

Kemudian, Pendeta Joop Suebu dari Ketua Persekutuan Gereja-Gereja Jayapura (PGGJ) Kabupaten Jayapura menegaskan bahwa seluruh warga gereja-gereja mendukung agar acara ini sukses. Mereka bangga Presiden akan hadir membuka PON.

“Papua adalah surga kecil yang diturunkan Tuhan ke bumi, kita harus menjamin acara berjalan aman dan menentramkan hati kita, perlu dipastikan jalan-jalan alternatif yang tersedia tidak ada penghalang agar masyakat setempat bisa hadir dengan nyaman,“ ujarnya.

Sementara itu, KH Saiful Islam Al Payagedari dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Papua, berharap agar PON menjadi momentum kemajuam bagi Papua.

”Supaya kita maju berkembang sama dengan daerah-daerah yang lain. Jangan gamang dengan kejadian-kejadian di tempat lain, Papua Barat itu jauh, kita semua berharap agar PON berjalan lancar,” kata Saiful.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: