OJK Segera Buat Panduan Layanan Digital untuk Perbankan

  • Bagikan
Heru Kristiyana
Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Heru Kristiyana. (Antara/Suara.com)

JAKARTA, insidepontianak.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan segera membuat panduan untuk perbankan yang mulai beralih kepada pelayanan digital. Agar transaksi nasbah yang menggunakan layanan digital aman.

“Kita akan berikan panduan transformasi digital banking segera, beri panduan dari tata kelola, data protection, sampai bagaimana mengatur cyber security,” ucap Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Heru Kristiyana dalam webinar bertajuk “Tantangan Setelah Relaksasi Restrukturisasi Kredit Berakhir” dilansir dari Suara.com, Selasa (7/9/2021).

Ia mengatakan akan mencermati layanan digital perbankan dan membuat panduan yang sesuai agar layanan digital perbankan tetap aman bagi nasabah.

Heru menambahkan, di tengah pandemi Covid-19, OJK tidak hanya memberikan stimulus bagi perbankan dan nasabahnya. Tetapi juga menelurkan Peraturan OJK Nomor 13 Tahun 2021 yang mengizinkan bank umum meluncurkan produk terbarunya dalam waktu 14 hari kerja.

“Di POJK 13/2021, produk bank yang sifatnya umum silakan langsung saja diluncurkan kepada masyarakat,” kata Heru.

Namun untuk produk yang lebih kompleks, yang aktivitasnya berkaitan dengan otoritas lain, dapat dilakukan piloting atau uji coba terlebih dahulu. Setelahnya, perizinan pun bisa diberikan dengan lebih cepat daripada sebelum POJK 13/2021 diterbitkan.

Ia mengatakan aturan tersebut diterbitkan agar perbankan tetap bisa berdaya saing di tengah maraknya pemain baru yang berbasis teknologi.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: