Selamatkan Kerugian Negara Rp21 Miliar, Komisi Kejaksaan Apresiasi Kinerja Kejati Kalbar

  • Bagikan
Kajati Kalbar, Masyhudi bersama Anggota Komisi Kejaksaan RI, Ibnu Majah
Anggota Komisi Kejaksaan RI, Ibnu Majah bersama Kepala Kejaksaan Tinggi Kalbar, Masyhudi saat diwawancarai wartawan, Selasa (7/9/2021). (Andi Ridwansyah/Insidepontianak.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Komisi Kejaksaan Republik Indonesia mengapresiasi kinerja jajaran Kejaksaan Tinggi Kalbar. Sepanjang tahun 2021 tercatat, 47 kasus korupsi yang berhasil ditangani dengan menyelamatkan kerugian negera sebanyak Rp21 miliar. Sementara itu, di bidang Pidana Umum ada 2.147 perkara yang juga ditangani Kejati Kalbar.

Anggota Komisi Kejaksaan RI, Ibnu Majah mengatakan, pada tahun 2021 ini, target penegakan hukum yang ditetapkan telah dilampaui Kejaksaan Tinggi Kalbar.

“Kami menilai, kinerja Kejaksaan sudah maksimal dengan anggaran yang minim,” kata Ibnu Majah, usai penilaian organisasi tata kerja dan sarana dan prasaran di Kejati Kalbar, Selasa (7/9/2021).

Ibnu mengatakan, penilaian ini bagian dari kerja Komisi Kejaksaan, agar penegakan hukum di jajaran Kejaksaan Tinggi Kalbar bisa berjalan baik. Meski pun, sudah berjalan baik, dia menyoroti belum adanya Kejaksaan Negeri di Kubu Raya.

“Kita berharap ada Kejaksaan Negeri di daerah pemekaran di wilayah Kejati Kalbar,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Tinggi Kalbar, Masyhudi mengatakan, pihaknya telah berupaya maksimal melakukan penegakkan hukum dengan dukungan anggaran yang minim. Hingga September 2021, pihaknya telah mengamankan delapan DPO dari target tiga DPO yang ditentukan. Selain itu, Kejati Kalbar juga sudah melakukan penindakan tindak pidana korupsi dan menyelesaikan 43 perkara tahun 2021.

“Semuanya dilakukan penahanan. Ada yang dalam persidangan. Ada juga yuga dilakukan penyelidikan,” jelasnya.

Selain itu, dalam bidang perdata dan tata usaha, Kejaksaan Tinggi Kalbar juga telah melakukan pemulihan keuangan negara dan mendampingi pemerintah daerah dalam pendampingan proyek. Masyhudi memastikan, Kejaksaan Tinggi Kalbar di bawah kepemimpinannya berkomitmen mewujudkan penegakkan hukum yang berkeadilan, berkepastian dan berkemanfaatan.

“Itu selalu kita jaga agar penegakkan hukum dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,”pungkasnya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: