banner 468x60

Tak Nafsu Makan karena Lidah Pahit? Coba Siasati dengan Tips Ini

  • Bagikan
Ilustrasi makan. suara.com
Ilustrasi makan. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak. com – Salah satu masalah bagi orang sakit, karena suatu penyakit adalah susah makan. Tak berselera dan selalu ingin muntah. Belum lagi lidah pahit saat menelan makanan.
Hal ini membuat kita nggak enak makan. Rasa nggak enak makan ini biasanya masih berlangsung saat kita baru sembuh dari sakit.

Kondisi ini sebaiknya jangan dibiarkan, ya, karena bisa berdampak pada penurunan nafsu makan. Di satu sisi, kebutuhan nutrisi tetap harus terpenuhi, terutama dalam masa pemulihan setelah sakit.

Tenang, ada cara mudah untuk mengatasi kondisi nggak enak makan ini. Simak tips yang dirangkum Suara.com.

1. Pilih makanan favorit

Tentunya kita akan lebih tertarik untuk mengonsumsi makanan yang rasanya sesuai dengan selera. Tidak hanya meningkatkan nafsu makan, makanan favorit juga akan membuatmu lebih mudah mengingat berbagai rasa yang ada dalam makanan tersebut. Secara perlahan, kamu akan membantu tubuh untuk memanifestasi setiap bayangan rasa yang tersentuh di area lidah.

Sementara itu, kamu bisa menambahkan bumbu ataupun perasa yang kamu sukai ke dalam makanan untuk memberikan stimulus lebih pada indera perasa. Misalnya, jika kamu menyukai rasa manis, maka kamu bisa menambahkan gula atau kecap pada makananmu.

2. Sering minum air putih

Mulut yang kering akan memperburuk kemampuan indera pengecap. Selain itu, untuk mengoptimalkan fungsi mengidentifikasi rasa, kebersihan area mulut juga harus selalu terjaga.

Perbanyak minum air putih bisa menjadi salah satu cara termudah untuk menetralisir titik perasa pada lidah. Penuhi kebutuhan minum air minimal delapan gelas atau sekitar dua liter sepanjang hari.

3. Maksimalkan fungsi indera lainnya

Ketika indera perasa terganggu fungsinya, maka kamu dapat mengalihkan fokus pada kemampuan indera lainnya, seperti penciuman, pendengaran, dan penglihatan.

Kamu bisa memaksimalkan perhatian pada aroma, warna, bentuk, serta tekstur dan suara dari makanan saat dikunyah. Melalui cara ini, kamu akan memancing lidah untuk kembali mengenali sensasi berbagai rasa dengan menikmati pengalaman makan yang lebih menyenangkan.

4. Mengonsumsi makanan atau minuman dengan rasa yang kuat

Ketika kamu tidak bisa menikmati berbagai rasa makanan karena lidah terasa pahit, kamu bisa menstimulasi fungsi lidah dengan makanan ataupun minuman yang mengandung bahan dengan rasa yang kuat, seperti lemon, jeruk nipis, cuka, bawang putih, dan lainnya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: