Para Bos Bersiap! Gelang Berlian Milik Marie Antoinette akan Dilelang

  • Bagikan
Gelang Berlian Milik Marie Antoinette akan Dilelang. (Instagram/@christiesjewels)
Gelang Berlian Milik Marie Antoinette akan Dilelang. (Instagram/@christiesjewels)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Rumah lelang Christie, Jenewa, Swiss akan melelang dua gelang berlian milik Ratu Marie Antoinette, pada 9 November 2021 mendatang.

Marie Antoinette adalah ratu terakhir Prancis sebelum revolusi. Ia dipenggal di Paris pada Oktober 1793 di usia 37 tahun.

Dilansir dari Tatler, dua gelang berlian tersebut dibeli Marie Antoinette pada tahun 1776 seharga 250.000 livre, atau setara dengan Rp 4,9 miliar pada saat ini.

Dalam sejarah Eropa dikisahkan bahwa Antoinette membeli perhiasan itu dengan menjual beberapa batu permata yang dimilikinya, serta dari sejumlah uang milik suaminya sang raja.

Ketika Marie Antoinette dipenjara di Tuileries, dia memasukkan gelang berlian itu ke dalam peti kayu dan mengirimkannya kepada mantan Duta Besar Austria, Count Mercy-Argenteau.

Beberapa bulan setelah eksekusi kematiannya, kerabat Marie Antoinette, yaitu Kaisar Francis II dari Austria, memerintahkan peti dibuka dan berlian itu ditemukan.

Kedua gelang itu kemudia diberikan kepada satu-satunya putri Marie Antoinette yang masih hidup, Marie Thérèse dari Prancis, yang dikenal sebagai Madame Royale, yang kemudian dia wariskan pada keponakan-keponakannya saat dia meninggal tanpa anak.

“Selama 255 tahun terakhir, rumah lelang Christie telah menawarkan banyak permata bersejarah dari kerajaan di seluruh dunia. Merupakan hak istimewa untuk dapat menawarkan gelang yang luar biasa dan unik ini untuk dijual di rumah lelang ini, di mana gelang bersejarah ini akan menarik penawaran dari kolektor secara global,” ujar François Curiel, Ketua Christie’s Luxury, dikutip Suara.com.

Gelang-gelang itu masing-masing dilapisi 112 berlian, dengan ukuran berkisar dari satu hingga empat karat. Diperkirakan kedua gelang tersebut dijual dengan harga mulai dari US$ 2 juta atau sekitar Rp 28 miliar.

“Perhiasan bersejarah ini akan mudah terjual dengan harga yang fantastis, bahkan bisa menembus US$ 4 juta (Rp 56 miliar),” tegas pihak rumah lelang.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: