Pertumbuhan Ekonomi Kalbar Triwulan ke II Tertinggi se-Kalimantan

  • Bagikan
Gubernur Kalbar, Sutarmidji.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menyebut, pertumbuhan ekonomi Kalbar pada triwulan ke II, tahun 2021, tumbuh 10,8 persen. Capaian ini, tertinggi se-Kalimantan.

Pertumbuhan ekonomi pada triwulan ke II, tahun 2021, tertinggi se-Kalimantan itu dengan persentase 10,8 persen. Sementara, Kalimantan Tengah hanya berada pada angka 5,5 persen, Kalimantan Selatan 4,4 persen, Kalimantan Timur 5,7, serta Kalimantan Utara 5,8 persen.

“Tapi banyak ekonom tak percaya,” kata Sutarmidji belum lama ini.

Menurutnya, penyumbang pertumbuhan ekonomi itu didominasi sektor pertanian dan perkebunan. Kian hari, ekspor bidang pertanian terus meningkat. Bahkan, di akhir tahun ini, nilai ekspor komuditas pertanian ditargetkan capai Rp6 triliun.

Pertumbuhan ekonomi Kalbar yang terus meningkat, didukung dari harga hasil pertanian petani yang terus membaik. Khususnya di sektor kepala sawit, karet dan kepala. Kondisi ini membawa petani sejahtera, meski dilanda pandemi.

“Nilai tukar petani sekitar 130-an persen,” ujarnya.

Peningkatan kesejahtraan petani itu, tak lepas dari tingginya keran ekspor hasil pertanian. Gubernur Sutarmidji menyebut, angka ekspor hasil pertanian di Kalbar terus meningkat. Bahkan sudah melampaui target ekspor Kalbar 2021, yang dipatok senilai Rp3,9 triliun.

“Sampai Juli 2021 jumlah (ekspor) kita sudah capai Rp4,8 triliun. Perkiraan saya sampai akhir tahun bisa Rp6 triliun. Artinya pertumbuhan ekonomi bagus,” pungkasnya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: