Tjhai Chui Mie Resmikan Laboratorium PCR Klinik Bersama

  • Bagikan
MERESMIKAN - Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie meresmikan Laboratorium PCR Klinik Bersama Singkawang, Kamis (9/9/2021). Pembukaan fasilitas laboratorium PCR Klinik Bersama Singkawang ini dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat dalam upaya penanganan pandemi Covid-19. (MC Singkawang)

SINGKAWANG, insidepontianak.com – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie meresmikan Laboratorium PCR Klinik Bersama Singkawang, Kamis (9/9/2021). Pembukaan fasilitas laboratorium PCR Klinik Bersama Singkawang ini dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat dalam upaya penanganan pandemi Covid-19.

Tjhai Chui Mie menyambut baik upaya pimpinan Klinik Bersama yang menghadirkan layanan fasilitas laboratorium PCR di Klinik Bersama. Baginya, kehadiran laboratorium PCR Klinik Bersama menjadi tambahan kekuatan bagi pemerintah kota singkawang untuk membantu dalam melakukan testing dalam upaya penanganan covid-19 di Kota Singkawang.

Sebelumnya fasilitas laboratorium PCR di Singkawang hanya tersedia di RSUD Abdul Aziz yang tersedia bagi seluruh masyarakat kota Singkawang. Kehadiran klinik bersama merupakan satu dari sekian banyak fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan di kota singkawang, salah satunya fasilitas laboratorium PCR.

“Untuk saat ini, Laboratorium PCR RSUD Abdul Aziz merupakan satu-satunya laboratorium yang ada di Singkawang. Dengan dibukanya Laboratorium PCR Klinik Bersama, nantinya akan sangat membantu Pemerintah dan masyarakat dalam mengoptimalkan testing, tracing, dan treatment Covid-19 di kota Singkawang.” ujar Tjhai Chui Mie.

Apabila kapasitas laboratorium PCR RSUD Abdul Aziz kota Singkawang sudah tidak mencukupi, uji sampel Covid-19 harus dialihkan ke laboratorium di Pontianak. Dengan adanya laboratorium PCR Klinik Bersama, maka hasil pemeriksaan akan diketahui lebih cepat karena sampel bisa langsung diuji tanpa harus menunggu sampel dikirim keluar kota lagi.

Hasil tes dari laboratorium PCR sangat menentukan konfirmasi kasus terinfeksi virus Covid-19. Hal ini sekaligus menjadi notifikasi bagi pasien untuk melakukan isolasi mandiri. Untuk itulah, Laboratorium PCR Klinik ini berguna untuk meminimalisir potensi penyebaran virus tersebut.

Tjhai Chui Mie berharap dengan penanganan yang cepat bagi pasien terinfeksi virus COVID-19 dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Singkawang. Hal ini juga perlu didukung dengan penerimaan vaksinasi bagi masyarakat dan penerapan protokol kesehatan agar percepatan herd immunity Kota Singkawang terwujud.

Tjhai Chui Mie menambahkan selain difungsikan untuk memfasilitasi kebutuhan testing Covid-19, laboratorium PCR Klinik Bersama juga terbuka untuk mendeteksi berbagai penyakit seperti hepatitis, HIV, dan lainnya.

“Pesan saya kepada Pimpinan dan jajaran Klinik Bersama agar dapat menjaga tingkat sterilisasi laboratorium dan sdm yang mumpuni. Selain itu, pemahaman teknis dan operasional laboratorium juga perlu diperhatikan.” pesannya. (Ril)

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: