Bau Mulut Buat Minder, Ini 8 Tips Efektif Biar Tampil Makin PD

  • Bagikan
Ilustrasi bau mulut. suara.com
Ilustrasi bau mulut. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Hal yang membuat percaya diri rontok seketika adalah bau mulut. Bau mulut membuat minder dan menjadi satu momok bagi setiap orang. Pasalnya, bau mulut bisa membuat orang jadi merasa kurang percaya diri.

Untuk mengatasi bau mulut caranya adalah dengan menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda. Ini dikarenakan penyebab bau mulut seringnya datang dari gigi dan gusi yang bermasalah seperti gigi berlubang dan gusi bengkak.

Berikut cara menghilangkan bau mulut agar mulut Anda terasa segar dan bersih, yang dirangkum Suara.com:

1. Sikat gigi dan menggunakan benang gigi lebih sering.

Plak yang ada pada gigi Anda berisi kumpulan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Makanan yang terperangkap juga salah satu penyebab bau mulut.

Sikatlah gigi Anda minimal dua kali setiap hari dan gunakan benang gigi setidaknya sekali dalam sehari untuk menjangkau sela-sela gigi yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi. Jika Anda masih khawatir bau mulut Anda, lakukan keduanya sedikit lebih sering. Namun, jangan berlebihan.

Saat sikat gigi dan menggunakan benang gigi pastikan Anda tidak menyikat terlalu keras, Anda dapat merusak gigi Anda, membuatnya rentan terhadap pembusukan.

2. Kumur-kumur.

Selain menyegarkan napas Anda, obat kumur menambahkan perlindungan ekstra dengan menyingkirkan bakteri.

Rasa mint yang segar bisa membuat mulut Anda merasa lebih baik. Namun pastikan obat kumur yang Anda pilih membunuh kuman penyebab bau mulut. Jangan hanya menutupi baunya.

Lakukan kumur-kumur setiap hari dengan obat kumur. Jika tidak ada obat kumur Anda juga bisa berkumur menggunakan air biasa setelah makan. Ini bisa menghilangkan partikel makanan yang menempel di gigi Anda.

3. Gosok lidah Anda.

Lapisan yang biasanya terbentuk di lidah Anda bisa menjadi inang bagi bakteri bau. Untuk menghilangkannya, sikat lidah Anda dengan sikat gigi secara lembut.

Jika sikat Anda terlalu besar untuk mencapai bagian belakang lidah dengan nyaman, cobalah scraper (alat pembersih lidah).

“Scraper dirancang khusus untuk memberikan tekanan yang merata di seluruh permukaan area lidah. Ini menghilangkan bakteri, sisa makanan, dan sel-sel mati yang tidak bisa ditangani dengan menyikat gigi saja,” kata ahli kebersihan Pamela L. Quinones, mantan presiden Asosiasi Ahli Kesehatan Gigi Amerika seperti mengutip dari WebMD.

4. Hindari makanan yang membuat napas Anda asam.

Bawang merah dan bawang putih adalah penyebab bau mulut. Bahkan menyikat gigi setelah makan bawang pun tidak akan membantu menghilangkan bau mulut.

Ini dikarenakan zat yang menyebabkan bau dari bawang telah masuk ke aliran darah Anda dan berjalan ke paru-paru Anda, di mana Anda menghirupnya, kata dokter gigi Richard Price, DMD, juru bicara American Dental Association.

5. Hilangkan kebiasaan merokok.

Selain menyebabkan kanker, merokok juga dapat merusak gusi, menodai gigi, dan menyebabkan bau mulut.

6. Hindari makan permen dan ganti dengan permen karet

Bakteri di mulut Anda menyukai gula atau makanan yang manis. Bakteri akan menggunakannya untuk membuat asam. Ini merusak gigi Anda dan menyebabkan bau mulut. Kunyahlah permen karet tanpa gula sebagai gantinya.

“Permen karet merangsang air liur, yang merupakan mekanisme pertahanan alami mulut terhadap asam plak, yang menyebabkan kerusakan gigi dan bau mulut,” kata Quinones.

7. Jaga kesehatan gusi Anda.

Penyakit gusi menyebabkan bau mulut. Bakteri berkumpul di kantong di dasar gigi adalah yang menimbulkan bau. Jika Anda memiliki penyakit gusi, dokter gigi Anda mungkin menyarankan Anda menemui periodontist, yang berspesialisasi dalam merawatnya.

8. Jangan biarkan mulut kering

Mulut kering dapat membuat mulut bau. Ini dikarenakan mulut tidak cukup air liur yang dapat menyebabkan kerusakan gigi dan bau mulut. Jika mulut Anda kering, minumlah banyak air putih minimal 8 gelas sehari.

Itulah cara menghilangkan bau mulut agar mulut Anda terasa segar dan bersih.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: