Kenali Segudang Manfaat Bawang Putih, Dari Tingkatkan Sistem Imun Hingga Cegah Badai Sitokin

  • Bagikan
Bawang Putih kaya manfaat. suara.com
Bawang Putih kaya manfaat. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Herbal putih ini memang terkenal keampuhannya. Tak hanya itu, herbal putih atau biasa disebut bawang putih ini juga menjadi bahan utama masakan biar sedap dan lezat.

Bawang putih dipercaya digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, di mana herbal telah menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Di Indonesia, bawang putih dikenal sebagai bumbu sekaligus herbal yang dikenal kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dikatakan oleh owner produk herbal Satya, Steven Cornelius Putra, bawang putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti meredakan infeksi, radang dan pilek, menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyakit jantung, dan mengendalikan tekanan darah.

“Luar biasa manfaatnya,” katanya, dikutip Suara.com, Jumat (10/9/2021).

Bahkan menurut The National Center for Biotechnology Information dalam jurnal berjudul “The effects of allium sativum on immunity within the scope of COVID-19 infection”, allium sativum atau bawang putih merupakan pangan yang terkenal sebagai antimikroba, antiinflamasi, antitumor.

Dikatakan, konsumsi bawang putih juga dapat menjadi salah satu tindakan pencegahan terhadap infeksi Covid-19, karena memiliki fungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menekan produksi dan sekresi badai sitokin.

Hanya saja, kandungan herbal juga mesti dijaga agar produk yang dijual tetap berkualitas dengan memerhatikan stabilitas zat aktif dalam bahan yang digunakan.

Produsen juga perlu memastikan produknya tidak mengandung bahan pengawet. Maka untuk membuat produk mampu bertahan hingga bulanan di suhu ruangan, diperlukan proses sterilisasi.

Pada prosesnya, strerilisasi juga dapat mengurangi aroma herbal yang menyengat dan mengurangi sensasi tidak nyaman di mulut, seperti aroma dan rasa bawang putih.

Selain menggunakan bawang putih, Steven juga menggunakan herbal alami lain yang diklaim sudah terjamin khasiatnya seperti jahe merah, madu hutan, cuka apel, dan lemon. Bahan-bahan tersebut dipercaya dapat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh, serta menurunkan lemak darah dan asam lambung.

“Campuran herbal ini sudah dikonsumsi oleh keluarga besar saya secara turun-temurun. Dan ternyata manfaatnya cukup bagus buat kesehatan. Akhirnya saya coba optimalkan formula dan cara pembuatannya selama dua hingga tiga tahun, dan lahirlah Satya Natural Juice,” kata Steven.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: