banner 468x60

Catat! Penderita Diabetesi Hati-hati Konsumsi Minuman Serat Instan

  • Bagikan
Ilustrasi minuman serat instan. (Shutterstock)
Ilustrasi minuman serat instan. (Suara.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Banyak pantangan yang harus dihindari orang dengan penyakit diabetes. Orang dengan diabetes wajib mengontrol asupan gula dalam makanan sehari-hari. Sebagai gantinya, mereka sangat disarankan memperbanyak asupan serat.

Di sisi lain, banyak produk minuman instan yang mengklaim mengandung serat dan dapat memenuhi asupan serat harian.

Namun pertanyannya, bisakah penyandang diabetes atau diabetesi mengonsumsi minuman tersebut?

Dikatakan Head of Marketing Supplement PT Amerta Indah Otsuka, Stephanie Lisman, diabetesi diperkenankan mengonsumsi minuman instan kaya serat.

“Tidak ada larangan untuk mengonsumsi serat bagi penyandang diabetes. Faktanya, serat dapat menjaga gula darah,” ujar Stephanie saat konferensi pers, dikutip Suara.com, belum lama ini.

Stephanie mengakui jika minuman serat instan mengandung asupan gula sebanyak 9 gram dalam setiap satu botol kemasan.

Namun kata dia, berdasarkan rekomendasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, penyandang diabetes tetap diperbolehkan mengonsumsi asupan gula tambahan.

“Penyandang diabetes yang memiliki gula darah terkendali atau stabil, boleh mengonsumsi gula tambahan sebesar 5 persen dari total kalori dalam sehari,” ungkap Stephanie.

Sehingga berdasarkan standar itu, Stephanie menjelaskan apabila kebutuhan kalori 2.000 sehari, maka penyandang diabetes boleh mengonsumsi gula tambahan sebanyak 25 gram atau setara dengan 2,5 sendok makan atau setara dengan 100 Kalori.

“Sebagai informasi, minuman kaya serat mengandung gula sekitar 9 gram per 100 miligram atau kurang lebih satu sendok makan,” jelasnya.

Meski begitu, Stephanie tetap menyarankan diabetesi yang sedang tidak terkontrol atau kadar gula dalam darahnya sedang melonjak, diminta untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi minuman serat instan.

“Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi, untuk mengetahui berapa kebutuhan kalori Anda dalam sehari dan berapa banyak Fibe Mini yang boleh dikonsumsi dalam sehari,” pungkasnya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: