Proyek Ambisius! China Akan Ciptakan Pesawat Luar Angkasa Raksasa

  • Bagikan
Saturn-V. [NASA]
Saturn-V. [NASA]

PONTIANAK, insidepontianak.com – Ambisi China untuk bisa mendominasi dunia pelan-pelan dilakukan. Terbaru, China akan membuat proyek ambisius. Mereka berencana menciptakan pesawat luar angkasa yang lebih besar dari Burj Khalifa, bangunan tertinggi di dunia.

Ambisi ini Juga disebut bakal mengalahkan Roket Saturn V digadang sebagai terbesar yang pernah diluncurkan hingga saat ini.

Sebagai perbandingan, Burj Khalifa memiliki panjang 828 meter, sementara Saturn V berukuran sekitar 111 meter.

Sebuah proposal penelitian yang diajukan ke National Natural Science Foundation of China meminta badan pendanaan, menyelidiki bagaimana membangun pesawat luar angkasa dengan panjang hingga 1 km.

Pesawat tersebut digambarkan sebagai peralatan kedirgantaraan strategis untuk penggunaan sumber daya luar angkasa di masa depan, eksplorasi alam semesta, dan kehidupan jangka panjang di orbit.

Menurut Mason Peck, profesor teknik kedirgantaraan dan mantan kepala teknologi NASA, dikutip Suara.com, rencana ini bukan hal yang mustahil bagi China dan menyebut gagasan itu sebagai “sepenuhnya layak”.

Masalah terbesar dari rencana tersebut kemungkinan adalah biaya. Jumlah yang akan dialokasikan proyek jika diterima adalah 15 juta yuan atau sekitar 2,3 juta dolar AS.

Meski begitu, jumlah tersebut tidak banyak sama sekali mengingat ukuran dan cakupannya.

Jika dibandingkan dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang hanya memiliki luas sekitar 110 meter, biaya pembangunannya hampir 50.000 kali lipat.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: