Waspada Bahaya Angin Malam Jika Sering Pulang Malam

  • Bagikan
Keluar malam bisa mudah masuk angin. net
Keluar malam bisa mudah masuk angin. net

PONTIANAK, insidepontianak.com – Seriing beraktivitas pada malam hari dan mengharuskan untuk keluar rumah? Atau Anda sering berkendara saat malam hari? Hati-hati apabila keseringan keluar malam dan menagkibatkan badan keseringan terkena angin malam akan berakibat pada kesehatan Anda.

Kondisi udara yang dingin pada malam hari dan menerpa tubuh terlalu dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan.

Mengutip Suara. com, kualitas udara pada malam hari juga tidak baik karena sedikitnya angin, sehingga berbagai polutan dapat lebih banyak melekat di permukaan sekitar dan mengakibatkan lebih mudah terhirup saat angin berhembus.

Udara pada malam hari yang dingin dan masuk ke dalam pakaian dapat menyebabkan otot berkontraksi, kram, dan nyeri pada bagian tubuh tertentu hal tersebut akan mengakibatkan nyeri otot pada hari berikutnya.

Tak hanya itu saja, menghirup angin malam yang dingin juga dapat membuat pembuluh darah pada saluran pernapasan atas menyempit. Hal ini dapat mencegah sel darah putih dan akan mengakibatkan selaput lendir sehingga akan membuat tubuh sulit dalam melawan kuman penyebab infeksi.

Karena banyaknya bahaya yang disebabkan oleh angin malam, ada beberapa kabar yang mengatakan angin malam akan menyebabkan paru-paru basah. Selain itu tidak diperbolehkan mandi malam hari atau tidur di lantai.

Namun, semua hal itu adalah mitos, sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah yang mendukung kepercayaan bahwa angin malam, dan kebiasaan mandi pada malam hari akan menyebabkan penyakit paru-paru basah secara langsung.

Namun, udara dingin ini memicu produksi lendir yang berlebihan untuk menghindari saluran napas agar tidak kering. Lendir ini akan menjebak virus dan bakteri masuk ke dalam paru-paru dan menyebabkan masalah kesehatan, salah satunya adalah paru-paru basah.

Penyebab paru-paru basah adalah kelebihan cairan di selaput yang melapisi dinding rongga dada. Paru-paru basah juga disebabkan oleh virus dan bakteri yang penyebarannya melalui udara, alat makan, dan kontak dengan orang yang terinfeksi.

Walaupun tak mengakibatkan penyakit yang serius secara langsung, akan lebih baik jika menghindari terkena angin malam secara berlebihan. Pastikan untuk memakai pelindung seperti jaket atau penutup tubuh lainnya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: