Yuks Kenalan dengan 4 Sirkuit Moto GP di Asia

  • Bagikan
Sepang International Circuit, MalaysiaSepang International Circuit, Malaysia
Sepang International Circuit, Malaysia. net

PONTIANAK, insidepontianak.com – Bagi kalian penggemar MotoGP pasti tak asing dengan sejumlah nama-nama sirkuit ajang balap bergengsi itu.

MotoGP adalah sebuah ajang balap sepeda motor yang paling tinggi kelasnya, perhelatan tersebut dilaksanakan di sebuh sirkuit yang telah ditetapkan oleh Dorna.

Dari ke sembilan belas seri MotoGP, ada beberapa seri yang dilaksanakan di Asia. Berikut Suara.com merangkum 4 sirkuit Asia tempat dilaksanakannya MotoGP.

1. Losail International Circuit, Qatar

Losail International Circuit merupakan sirkuit balap yang terletak di Qatar, Losail pertama kali menggelar ajang balap MotoGP pada tahun 2004, di setiap musim MotoGP sirkuit ini selalu menjadi tempat dilaksanakannya seri pertama.

Luas layout sirkuit Losail adalah 5,4 km dengan trek lurus utama sepanajng 1 km, disekelilingnya dipasang rumput buatan untuk mencegah pasir masuk ke lintasan balap. Sebelum tahun 2008, GP seri Qatar dilaksanakan siang hari sama seperti seri yang lain, namun karena suhu di siang hari sangat tinggi maka balapan dialihkan ke malam hari.

2. Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang

Sirkuit Twin Ring Motegi ini terletak di kota Hiyama Motegi, Jepang. Dibangun pada tahun 1997 oleh Honda, Twin Ring Motegi pertama kali menggelar ajang balap MotoGP pada tahun 1999.

Sirkuit ini di beri nama “Twin Ring” karena memiliki dua lintasan balap, yang pertama yakni sebuah lintasan berbentuk oval yang dengan panjang 2,4 km, dan yang kedua adalah sirkuit utama yang memiliki panjang 4,8 km dan tikungan sebanyak 14. Selain untuk lintasan balap, sirkuit ini juga berfungsi sebagai laboratorium atau lintasan uji coba bagi Honda.

3. Sepang International Circuit, Malaysia

Sirkuit MotoGP yang letaknya paling dekat dengan Indonesia ini dibangun di Sepang, Selangor, Malaysia. Sirkuit ini pertama kali diresmikan oleh perdana Menteri Malaysia keempat pada tahun 1999, sekaligus meresmikan seri MotoGP dan Formula 1 yang digelar untuk pertama kali ditahun yang sama pula.

Pada tahun 2011, sebuah kecelakaan hebat yang menewaskan salah satu rider asal Italia yakni Marco Simoncelli terjadi di sirkuit ini, kecelakaan tersebut terjadi pada saat balapan berlangsung dan mengakibatkan diberhentikannya balapan.

4. Chang International Circuit/Buriram International Circuit

Sirkuit ini terletak di provinsi Buriram, Thailand. Dibangun pada Maret 2013 dan dibuka pada Oktober 2014, sirkuit ini dilengkapi dengan 12 tikungan dan trek sepanjang 4,5 km.

Dengan kapasitas penonton sebesar 50.000 orang , sirkuit ini pertama kali menggelar ajang balap MotoGP pada tahun 2018, diselenggarakannya MotoGP di Thailand ini menambah satu lagi seri yang dilangsungkan di negara Asia. Selain lintasan, sirkuit ini juga memiliki fasilitas lain seperti gedung untuk paddock tim, ruang media, dan ruangan VIP.

Selain keempat seri diatas, Indonesia dengan sirkuit Mandalikanya juga berencana akan menyelenggarakan MotoGP pada tahun yang akan mendatang. Saat ini sirkuit Mandalika sedang dalam proses pembangunan.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: