Benarkah Kunyah Cengkeh dan Kayu Manis Tingkatkan Saturasi Oksigen? Cek Faktanya

  • Bagikan
Ilustrasi Cengkeh. suara.com
Ilustrasi Cengkeh. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Cengkeh, si kecil coklat ini memang banyak mengandung khasiat. Selain menjadi bumbu masakan, Cengkeh juga katanya mampu membuat saturasi oksigen yang turun bisa ditingkatkan dengan mengunyah cengkeh dan kayu manis.

Namun, apakah itu fakta atau tidak, simak penelusuran Suara.com, berikut ini untuk mengetahui kebenarannya.

banner 336x280

Pesan berantai tersebut mengaku dikirimkan oleh dokter dari luar negeri, yang sudah mencobanya sendiri.

Berikut petikan pesan tersebut:

“Tolong beri tahu siapa saja yang kadar oksigennya rendah untuk mengunyah cengkeh atau kayu manis. Ini meningkatkan kadar oksigen. Hal ini dibuktikan dengan seseorang yang kadar oksigennya turun menjadi 91 red alert selama 2 atau 3 hari. Mereka tidak bisa mendapatkan rumah sakit atau hotel karantina. Beberapa orang menyuruh mereka untuk mencoba mengunyah cengkeh atau kayu manis & kemudian kadar oksigen meningkat secara bertahap menjadi 95 & sekarang 97/98. Tolong bagikan ini bisa menyelamatkan nyawa. Bahkan alpukat sangat bagus,” demikian bunyi pesannya.

Penjelasan

Penelusuran Suara.com menemukan pesan ini sudah beredar sejak masa awal PPKM, sekitar bulan Juli 2021.

Laman Covid19.go.id memuat informasi terkait pesan ini, yang dinyatakan sebagai kabar bohong atau hoaks.

Mengutip Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt, Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, diketahui bahwa mengunyah cengkeh dan kayu manis tidak memiliki manfaat menaikkan kadar oksigen yang terbukti klinis.

Lebih lanjut pada artikel berjudul “Inhaling camphor, lavang, ajwain and eucalyptus oil DOES NOT increase blood oxygen level” yang dimuat situs altnews.in, menyebutkan tidak ada penelitian atau bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa cengkeh atau kayu manis dapat meningkatkan oksigen darah atau meredakan gangguan pernapasan.

Di sisi lain, cengkeh dan kayu manis merupakan rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat. Laman NDTV menyebut manfaat cengkeh untuk kesehatan di antaranya:

membantu mengurangi stres oksidatif dan mengurangi peradangan.
memiliki sifat anti-bakteri yang bisa melindungi Anda dari infeksi dan bakteri berbahaya.
membantu dalam memerangi masalah pencernaan, muntah dan mual.

Kesimpulan: Hoaks

Meski cengkeh dan kayu manis bermanfaat untuk kesehatan, mengunyah keduanya tidak dapat meningkatkan saturasi oksigen yang turun.

Saturasi oksigen yang turun pada pasien Covid-19 perlu mendapat pertolongan medis, untuk menghindari terjadinya kefatalan.

Komentar
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: