Raih Penghargaan Indonesia Visionary Leader, Wali Kota Edi : Jangan Abaikan Data

  • Bagikan
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mendapat apresiasi berupa sebuah penghargaan Indonesia Visionary Leader (IVL) sebagai Leader in Social Integrated Data Management pada malam IVL Sesion VII. Ist
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mendapat apresiasi berupa sebuah penghargaan Indonesia Visionary Leader (IVL) sebagai Leader in Social Integrated Data Management pada malam IVL Sesion VII. Ist

PONTIANAK, insidepontianak.com – Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mendapat apresiasi berupa sebuah penghargaan Indonesia Visionary Leader (IVL) sebagai Leader in Social Integrated Data Management pada malam IVL Sesion VII di MNC Conference Hall, iNews Tower, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Penghargaan tingkat nasional itu menambah deretan prestasi yang diraih Edi sejak menjabat Wali Kota Pontianak.

Selain Wali Kota Edi, ada 14 kepala daerah lain yang mendapatkan penghargaan dari MNC dengan kategori yang berbeda setelah melalui proses penilaian dari panelis yang berkompeten di bidangnya.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, Akmal Malik, sekaligus dewan juri mengungkapkan, penilaian kepala daerah yang menerima penghargaan dalam malam Inagurasi IVL telah melalui proses penilaian yang amat ketat.

Selain Akmal, yang bertindak sebagai dewan juri dalam acara IVL yaitu Ketua pembina Indonesia Institut for Corporate Directorship Andi Ilham Said, Pakar Komunikasi Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Gun Gun Heryanto dan Guru Besar Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia, Budi Frendisy.

“Penganugerahan IVL ini dapat menjadi momentum kepala daerah agar berupaya memberikan yang terbaik bagi rakyat daerah yang dipimpinnya meskipun diterpa berbagai masalah, termasuk pandemi Covid-19,” tutur Akmal.

Wali Kota Pontianak, Edi mengucap syukur atas penghargaan yang diraih, “Penghargaan ini memotivasi saya untuk berbuat lebih baik lagi untuk Kota Pontianak, bagaimana kita bisa mensejahterakan masyarakat Kota Pontianak terutama menghadapi pandemi Covid-19,” ujarnya, Minggu (12/9/2021).

Apresiasi yang diberikan karena keunggulan inovasi dalam menciptakan program yang mendukung transparansi distribusi bantuan sosial. Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak di bawah kepemimpinan Edi Kamtono memiliki data yang komprehensif terkait kesejahteraan masyarakat.

Data inilah yang menjadi acuan dalam penyaluran bantuan sosial.

Melalui data yang akurat Pemkot Pontianak mengontrol, memverifikasi dan mengevaluasi proses distribusi dan alokasi bantuan sosial ke masyarakat secara periodik.

“Data harus terus diupdate, verifikasi dan validasi data memegang peranan penting dalam mengambil suatu keputusan, jadi saya setiap mengambil suatu keputusan pasti berbasis data,” ungkapnya.

Dia menambahkan, melalui data yang valid maka keputusan yang diambil akan lebih optimal dan mencapai sasaran.

“Oleh sebab itu jangan pernah abaikan data, saya minta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus menguasai data,” ucap Edi.

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: