Ketua DPRD: Insprastruktur Buruk Mempengaruhi IPM di Kayong Utara

  • Bagikan
Ketua DPRD Kayong Utara Sarnawi. (Istimewa)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Terkait statmen Gubenur Kalbar Sutarmidji yang menyudutkan Kabupaten Kayong Utara yang memiliki Indek Pembangunan Manusia (IPM) terendah se Kalbar mendapat tanggapan dari Ketua DPRD Kayong Utara Sarnawi.

Sarnawi mengatakan, banyak faktor yang menyebabkan IPM daerah menjadi rendah, satu diantaranya insprastruktur. Ia mengatakan saat ini masih banyak jalan-jalan di Kayong Utara yang berstatus jalan provinsi yang mengalami rusak parah, sehingga berpengaruh terhadap IPM di Kayong Utara. Dari data BPS tahun 2020, Kayong Utara berada di posisi terendah dengan IPM 62,68 persen.

banner 336x280

“Kayong Utara satu- satunya Kabupaten yang belum memiliki akses jalur darat menuju provinsi dan begitu juga sebaliknya,” ungkap Sarnawi, Selasa (14/9/2021).

Menurut Sarnawi, insprastruktur yang buruk tentu berimbas juga dengan investor yang ingin berinvestasi di Kayong Utara. Saat ini hanya ada beberapa investor dari sektor sawit dan pertambangan yang masuk ke Kayong Utara. Minimnya investor yang ada berdampak juga kepada lapangan yang tersedia dan pendapatan daerah.

“Hanya 3 perusahaan sawit yang tergolong besar di Kayong, tambang ada cuma kita bisa dapat dari pajak transportasi airnya saja, karena lokasi tambang mereka di Kabupaten Ketapang,” tuturnya.

Sarnawi juga mengingatkan peran Gubenur Kalbar yang menjadi orangtua bagi kepala daerah tingkat Kabupaten. Sehingga setiap permasalahan yang ada di Kabupaten seharusnya dapat dibicarakan dengan baik, bukan menyerang dengan statmen yang menyerang.

“Beliaukan Gubernur, seperti orang tua terhadap anaknya, dalam hal ini Bupati Kayong Utara dan Wakil Bupati Kayong Utara. Mungkin dengan cara memanggil bupati dan wakilnya, diberikan arahan agar lebih baik dalam meningkatkan IPM di Kayong Utara,”saran Sarnawi. (Fauzi)

Komentar
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: