Mau Puasa Ayyamul Bidh, Catat Niat dan Waktunya

  • Bagikan
Ini Bacaan Niat Ayyamul Bidh dan Waktunya, Simak! - Ilustrasi puasa, muslim berdoa, niat puasa, makan dan doa buka puasa (Elemen Envato)
Ini Bacaan Niat Ayyamul Bidh dan Waktunya, Simak! - Ilustrasi puasa, muslim berdoa, niat puasa, makan dan doa buka puasa (Elemen Envato)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Puasa sunnah tidak hanya Senin Kamis saja, tapi dalam satu bulan ada puasa yang dilakukan tiga hari selama satu bulan, yaitu Puasa Ayyamul bidh.

Simak Suara.com merangkum bacaan niat Puasa Ayyamul bidh dan waktunya yang perlu diketahui.

Puasa ayyamul bidh atau yang dikenal juga dengan sebutan puasa putih ini dilakukan minimal 3 hari setiap pertengahan bulan. Adapun pada tiga hari tersebut, kondisi bulan sedang terang-terangnya sehingga malam terlihat putih bersinar.

Bagi yang menjalankan puasa ayyamul bidh setiap bulan, maka akan diberikan pahala yang sama seperti puasa setahun. Hal tersebut tercantum juga dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori yang bunyinya sebagai berikut:

“Sungguh, cukup bagimu berpuasa selama tiga hari dalam setiap bulan, sebab kamu akan menerima sepuluh kali lipat pada setiap kebaikan yang Kau lakukan. Karena itu, maka puasa ayyamul bidh sama dengan berpuasa setahun penuh.”

Waktu Puasa Ayyamul Bidh

Bagi yang ingin melakukan puasa Ayyamul bidh, pastikan tahu tahu bacaan niat puasa ayyamul bidh dan waktunya. Dengan demikian, kamu bisa menjalankannya setiap bulan guna meningkatkan amal ibadah.

Adapun jadwal atau waktu puasa Ayyamul bidh bulan September ini yaitu pada tanggal 13, 14, dan 15 bulan Safar 1442 Hijriah. Berdasarkan perhitungan kalender Masehi jatuh pada tanggal 20, 21, 22 bulan September 2021.

Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh

Untuk menjalankan Puasa Ayyamul Bidh, terlebih dulu kamu harus membaca niatnya. Adapun bacaan niat puasa Ayyamul Bidh yaitu seperti berikut ini:

Nawaitu shouma ghadin ayyamal bidhi sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: “Saya niat berpuasa besok pada (ayyamul bidh) hari-hari putih sunah karena Allah Ta’ala”.

Perlu diketahui, niat puasa Ayyamul Bidh tak seperti niat puasa sunnah lainnya atau niat puasa Ramadan, yang mana mengharuskan membaca niatnya sebelum fajar. Niat puasa Ayyamul Bidh ini bisa dilakukan setelah fajar.

Nah, jika niat puasanya dilakukan setelah fajar, maka bunyi niatnya sebagai berikut:

Nawaitu sauma ayyami bidh sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: Saya berniat puasa pada hari-hari putih, sunah karena Allah ta’ala.

Demikianlah informasi mengenai bacaan niat puasa ayyamul bidh dan waktu yang perlu diketahui. Mari perbanyak amal ibadah kita dengan rutin melakukan puasa sunnah.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: