Meski Pandemi, Atlet Karate UKC Tetap Ukir Prestasi

  • Bagikan
Atlet karate dari Untan Karate Club
Atlet karate dari Untan Karate Club (UKC). (Ist)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Meski situai masi pandemi, para atlet karate dari Untan Karate Club (UKC) tetap aktif mengukir prestasi di ajang kejuaraan daerah hingga nasional. Terbaru, Tim UKC berhasil menyabet juara umum 1 pada kejuaraan Virtual Karate INKAI Kota Pontianak Championship 2021.

Pertandingan yang diselengarakan oleh pengurus Institut Karate-do Indonesia (INKAI) Pengcab Kota Pontianak ini diselengarakan secara virtual dari Jumat, 10-12 September 2021.

Adapun perolehan medali masing-masing juara umum 1, 2,dan 3 adalah: UKC dengan 11 emas, 6 perak, dan 13 perunggu. Juara umum 2 Dojo diraih SMAN 8 dengan perolehan 8 emas, 8 perak, dan 9 perunggu.

Juara umum 3 diraih Dojo SMPN 20 Pontianak dengan 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Ada 18 kontingen yang mengikuti kejuaraan ini. Termasuk beberapa Pengcab INKAI kabupaten. Di antaraya Kubu Raya, Bengkayang, Singkawang, dan Sintang.

Mewakili Kalbar

Tim UKC juga menyumbangkan 3 atlet untuk mewakili Kalimantan Barat di ajang KOSN (Kompetisi Olahraga Siswa Nasional). Ketiga atlet tersebut di antaranya: Alvin Pramudya Kayoman dari SD Gembala Baik, Azzahra dari SMP Negeri 1 Pontianak, dan Anis Hidayatullah Muhammad Tsabit AS dari SMP Negeri 14 Pontianak.

Kompetisi tingkat nasional ini juga diselenggarakan secara virtual oleh Kepala Pusat Prestasi Nasional. Untuk melewati tahap ini pun tidak mudah. Atlet harus diseleksi. Mulai dari tahap kecamatan, kota/kabupaten, hingga yang terakhir nasional.

Untuk  kegiatan KOSN tahap nasional akan diselenggarakan pada tanggal 20 hingga 26 September 2021 secara daring.

Satu di antara atlet UKC yang akan berlaga di tingkat Nasional, Azzahra mengatakan, persiapan terus ia dilakukan untuk menghadapi kejurnas KOSN. Latihan fisik dan teknik terus digenjot. Agar bisa memperoleh prestasi lebih baik lagi.

Sementara itu pembina UKC, Sensei Krisman Samosir, mengatakan cukup bangga dengan prestasi anak binaannya. Ia menyampaikan, pembinaan dan latihan terus dilakukan meski pun sedang pandemi.

Para atlet rutin melakukan latihan mandiri di rumah masing-masing. Karena sulitnya kesempatan untuk bertatap muka dan berkerumun.

“Keuletan dan semangat para atlet itu lah yang membuat UKC bisa banyak bicara di sejumlah ajang,” kata Sense Krisman Samosir yang merupakan pelatih di Dojo UKC yang beralamat di Jl M Isa, Kompleks UKM Untan tersebut.

Keberhasilan UKC menuai sejumlah prestasi menurut Sense Krisman Samosir tidak gampang dan tidaklah semudah membalik telapak tangan. Artinya peran para pelatih, atlet, orang tua para atlet dan sarana sangat menentukan.

“Apalagi di situasi pandemi, yang tidak tentu. Akan tetapi, dengan tetap menjaga Prokes, latihan bisa berjalan dan mendapat hasil yang maksimal dari apa yang mereka latih,” katanya.

Ia pun berpesan, para atlet anak didiknya, tetap terus berlatih dengan semangat, rendah hati, tidak berpuas diri dan jangan menjadi pribadi yang sombong atas prestasi yang sudah diraih.

“Sebab, kemarin kalian juara tapi hari ini kalian sudah mantan juara,” ucapnya.

Sense juga menyampaikan, dalam menghadapi KOSN Tingkat Nasional, pihaknya fokus membina dan melakukan latihan intensif agar mendapat hasil yang maksimal.

“Kami juga mohon doa untuk masyarakat Kalbar pencinta Karate. Agar Tim Kalbar yang berkompetisi di tingkat Nasional dapat menunjukakn hasil yang membanggakan Provinsi Kalimantan Barat,” pungkasnya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: