Raih Peringkat 4 Ekspor Pertanian, Pemprov Kalbar Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Petani

  • Bagikan
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menghadiri acara temu lapang dan panen padi Varietas Unggul Baru (VUB) Balitbangtan Kementan Bersama Menteri Pertanian RI di Poktan Usaha Bersama, Desa Kecurit Kecamatan Toho Kabupaten Mempawah, Minggu (12/9/2021). (MC Mempawah)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat raih peringkat empat kategori Nilai Ekspor Komuditas Pertanian tertinggi oleh Kementrian Pertanian Republik Indonesia. Pemprov Kalbar berkomitmen terus meningkatkan produksi pertanian untuk membawa kesejahteraan petani.

“Alhamdulillah, kita peringkat keempat seluruh Indonesia. Kita masuk perhitungan sebagai salah daerah pengimpor pertanian terbanyak, terutama CPO dan bahan pertanian lainya,” kata Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan, Selasa (14/9/2021).

Norsan memastikan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, terus berupaya meningkatkan produksi pertanian. Seluruh potensi pertanian akan dikembangkan dengan maksimal. Supaya bisa memberi meningkatkan ekonomi petani.

“Di CPO kita sudah bagus. Harganya bagus. Tepung kelapa juga bagus, dan pinang juga sudah banyak dikirim ke India,” terangnya.

Menurutnya, sektor perkebunan menjadi sektor yang menjadi perhatian pemerintah. Sebab, sektor ini tak terdampak pandemi.  Dia pun berharap, pelabuhan Internasional Kijing dapat segera selesai dibangun dan diresmikan Presiden Joko Widodo.

“Insya Allah Februari 2022 akan selesai dan diresmikan Presiden Joko Widodo karena sebelumnya ada kerusakan diperbaiki dulu,” tuturnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden, Ma’ruf Amin mengatakan, penghargaan bidang pertanian ini diberikan secara khusus kepada kepala daerah yang telah menciptakan terobosan dan inovasi, serta berhasil mendorong daerahnya, dalam memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan pertanian nasional.

“Partisipasi kepala daerah merupakan kalsium yang menjadi nutrisi penting dalam menjaga tulang punggung agar tetap sehat dan kuat,” kata Ma’ruf Amin saat memberikan sambutan di Istana Wakil Presiden, Senin (13/9/2021).

Wapres juga berharap, penghargaan di bidang Pertanian tahun 2021 ini, harus menjadi motivasi kepala daerah untuk terus meningkatkan hasil pertanian.

“Karena tanpa komitmen, pemikiran kreatif, dan kerja keras maka roda perekonomian dibidang pertanian tidak berputar cepat dan membanggakan,” pungkasnya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: