Momen Langka, Penyu Belimbing Naik Bertelur di Pantai Selimpai Paloh, Warga Bergantian Berswafoto

  • Bagikan
Penyu Belimbing
Warga mengabadikan momen langka bertemu Penyu Belimbing di Pantai Selimpai Paloh. (Pokmaswas Kambau Borneo)

SAMBAS, insidepontianak.com – Peristiwa langka kembali terjadi di Taman Wisata Alam (TWA) Tanjung Belimbing, atau Pantai Selimpai di Desa Sebubus, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Senin (14/9/2021) malam, seekor reptil raksasa di lautan yakni Penyu Belimbing atau nama latin Dermochelys coriacea naik bertelur ke bibir pantai. Tepatnya di sektor empat Sungai Belacan, Desa Sebubus.

Mengutip dari fanpage resmi Pokmaswas Kambau Borneo, setelah tiga tahun yang lalu, yakni tahun 2018, seekor Penyu Belimbing juga naik bertelur di Pantai Temajuk, Kecamatan Paloh.

Tahun 2013 tulis Pokmaswas Kambau Borneo, Penyu Belimbing juga naik bertelur di Pantai Tanjung Kemuning, Kecamatan Paloh.

“Ini adalah suatu kejadian langka di pendaratan Penyu, Paloh. Jenis Penyu Belimbing yang namanya melekat (diabadikan) sebagai Taman Wisata Alam (TWA) Tanjung Belimbing, naik untuk bertelur,” tulisnya.

“Hanya dalam waktu tiga tahun Penyu Belimbing naik kembali. Prediksi kami mereka akan naik lima tahun sekali. Semoga engkau (penyu) betah tinggal di perairan Paloh,” sambungnya.

Melihat momen langka itu, warga setempat tidak mau ketinggalan momen. Mereka kemudian berswafoto dengan reptil raksasa lautan tersebut.

Penyu Belimbing adalah satu-satunya Penyu yang tidak memiliki tempurung keras. Bentuk tempurung yang khas mirip buah belimbing sesuai dengan nama sebutannya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: