Ini Manfaat Air Hangat yang Diklaim Ampuh Hilangkan Racun!

  • Bagikan
Manfaat Air Hangat. suara.com
Manfaat Air Hangat. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak. com – Tahukah kalian minum air hangat banyak manfaatnya lho. Beberapa orang secara sadar mengakui jika air hangat cenderung panas dapat membantu meningkatkan pencernaan, meredakan hidung tersumbat, sampai menurunkan berat badan jika dibandingkan dengan air dingin.

Lalu apa saja manfaat air hangat yang bisa kita dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin?

Melansir dari laman Healthline, yang dikutip Suara.com, beberapa penelitian menujukkan bahwa meminum air hangat dapat memiliki beberapa manfaat terutama di pagi hari.

Berdasar sebuah penelitan berjudul “A Review of Hot Beverage Temperatures—Satisfying Consumer Preference and Safety” suhu optimal air hangat berada pada 54 sampai 71 derajat celcius.

7 manfaat air hangat bagi kesehatan tubuh

1. Meredakan hidung tersumbat

Cangkir yang berisi air panas akan menghasiklkan uap lembut, yang jika terhidup dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat.

Pada sebuah studi berjudul “The effects of a hot drink on nasal airflow and symptoms of common cold and flu” tertulis bahwa minuman panas, seperti teh, memberikan kelegaan saat mengalami pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan kelelahan.

Meminum air panas juga dapat menghangatkan area selaput lendir dan tenggorokan sehingga penmumpukan lendir yang mengakibatkan sakit tenggorokan dapat berkurang.

2. Meredakan nyeri

Dengan meminum air hangat, maka aliran darah ke seluruh jaringan tubuh akan lebih mudah. Hal ini tentu membuat otot menjadi lebih rileks dan meredakan nyeri.

Air hangat baik untuk diminum sesaat setelah bangun tidur dan sebelum tertidur supaya memberi efek menenangkan dan membuat tidur lebih cepat.

3. Mengurangi menggigil efek kedinginan

Dalam sebuah studi berjudul “Staying warm in the cold with a hot drink: The role of visceral thermoreceptors” disebutkan bahwa meskipun menggigil merupakan efek dari udara dingin, meminum air panas dapat membantu menguranginya.

Dalam sebuah penelitian, subjek mengenakan setelan jas dan diedarkan dengan air di atas titik beku. Setelah itu, ia meminum air dengan berbagai suhu termasuk 52 derajat celcius.

Setelah itu, ditemukan oleh para peneliti bahwa meminum air panas dapat membantu subjek menjaga suhu tubuh.

4. Membersihkan racun dalam tubuh

Suhu panas pada air yang kita minum dapat ikut serta meningkatkan suhu tubuh sehingga memicu keringat keluar lebih banyak.

Dengan begitu, maka racun-racun di dalam tubuh pun akan ikut keluar terbawa dengan keringat.

Hasil ini akan lebih baik jika air hangat dicampur teh hijau atau cairan lemon segar.

5. Menurunkan berat badan

Seorang ahli nutrisi bernama Cara Walsh, RD merekomendasikan kita untuk memulai pagi hari dengan air panas dan lemon untuk meningkatkan proses metabolisme.

Dengan rutinitas tersebut, maka akan lebih banyak kalori terbakar setiap harinya.

6. Melancarkan pencernaan

Beberapa orang percaya bahwa dengan minum air hangat maka sistem pencernaan akan bergerak dengan lebih aktif.

Ungkapan ini disimpulkan dari teori yang menyebutkan bahwa air hangat juga dapat melarutkan dan menghilangkan makanan yang sulit dicerna oleh tubuh.

Pada sebuah studi berjudul “The Effect of Warm Water Intake on Bowel Movements in the Early Postoperative Stage of Patients Having Undergone Laparoscopic Cholecystectomy: A Randomized Controlled Trial” menunjukkan bahwa air hangat mungkin memiliki efek menguntungkan pada pergerakan usus dan pengeluaran gas setelah operasi.

Namun tentu saja hal ini masih diperlukan penelitian lebih jauh.

7. Mencegah gigi sensitif

Menurut Sanda Moldovan, MS, DDS, air hangat lebih baik untuk gigi dan restorasi, dan mudah untuk diserap.

“Bahan putih tertentu berkontraksi sebagai respons terhadap air dingin, yang menyebabkan pengisian untuk debond off gigi,” jelas Moldovan.

Suhu air hangat memang lebih aman untuk gigi dan dapat memberi kenyamanan sehingga dapat mengurangi resiko terkena gigi sensitif.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: