Jangan Salah Pilih! Tips Memilih Produk Skincare Aman untuk Kulit Kombinasi Berjerawat

  • Bagikan
Ilustrasi menjaga kulit wajah. suara.com
Ilustrasi menjaga kulit wajah. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Indonesia yang memiliki iklim tropis cenderung panas menyengat kulit umum penduduknya berminyak dan kombinasi.

Meski umumnya masalah jerawat dialami pemilik kulit berminyak dan kombinasi, jerawat juga bisa dialami pemilik kulit kering lho. Ini karena pemilik kulit kering mudah mengalami iritasi yang meningkatkan peluang masuknya bakteri dan kuman pemicu jerawat.

Umumnya jerawat di kulit kering terjadi karena berbagai faktor, seperti pubertas, stres hingga salah memilih produk skincare.

Menurut Beauty Influencer, Amalia Rizky Cesaerini dalam acara Live IG bersama Aysi beberapa waktu lalu, ada empat tips pilih produk skincare untuk kulit kering berjerawat, berikut Suara.com merangkum untuk para ladys di rumah:

1. Gunakan skincare dasar

Mengatasi masalah kulit kering kering berjerawat itu mudah karena hanya memerlukan rangkaian skincare atau produk perawatan wajah dasar yang terdiri dari facial cleanser, toner, serum, pelembap, dan sunscreen untuk pagi hari.

“Pelembap penting banget sebagai pondasinya, karena sifatnya melembapkan dan memperbaiki skin barrier. Kalau skin barriernya sudah bagus, maka jerawat akan jarang muncul. Jadi, pelembap dan sunscreen ini gak boleh dilewatkan,” ujar Amalia.

2. Kandungan skincare yang harus dipilih

Wanita yang akrab disapa Mearvic itu mengatakan, kandungan skincare seperti centella asiatica (cica), mugwort, dan ceramid merupakan ingredients terbaik untuk mengatasi masalah kulit kering berjerawat.

Bisa juga menggunakan bahan aktif berupa, AHA, BHA, dan retinol untuk mengatasi kulit berjerawat. Namun, untuk pemakaian bahan aktif tersebut harus dikondisikan dengan masalah kulit masing-masing.

“Kalau aku pakai skincare bahan aktif AHA, BHA, Retinol itu dua kali seminggu tapi digunakan secara bergiliran (tidak digabungkan). Kalau pemula, bisa pakai seminggu sekali dulu. Nanti kalau cocok, penggunaannya bisa ditambah sesuai kondisi kulit,” katanya.

3. Kandungan skincare yang harus dihindari

Dalam memilih produk skincare untuk kulit kering berjerawat memang susah-susah gampang. Untuk memudahkannya, bisa menghindari skincare yang mengandung Ethanol, SLS (Sodium Lauryl Sulfate), Potassium Hydroxide, Tea Tree Oil, dan Salicylic Acid. “Kandungan tersebut bisa menyebabkan kulit makin kering,” imbuhnya

4. Jalani pola hidup sehat

Mengatasi masalah kulit tidak lepas dari penggunaaan skincare dan juga mengatur pola hidup sehat. Sebagus apapun skincare yang digunakan, tidak akan terlihat efektif dan maksimal jika pola hidupnya tidak sehat.

Sehingga perlu mengubah kebiasaan lifestyle seperti mengurangi minuman kekinian yang mengandung banyak gula atau boba, kafein, makan-makanan gorengan, pedas, dan berminyak.

“Mau makan dan minum apapun sebenarnya boleh, tapi dibatasi. Misal, minum boba dan kopi, sama makan gorengan sekali seminggu,” pungkas Amalia.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: