banner 468x60 banner 468x60

Keren! Mahasiswa Pertanian Untan Temukan Obat Diet dan Diabetes

  • Bagikan
Mahasiswa Fakultas Pertanian Untan lakukan pelatihan kepada masyarakat terkait hasil penelitian PKM-RE di Aula Equator, Desa Jeruju Besar. Nia
Mahasiswa Fakultas Pertanian Untan lakukan pelatihan kepada masyarakat terkait hasil penelitian PKM-RE di Aula Equator, Desa Jeruju Besar. Nia

PONTIANAK, insidepontianak.com – Tiga Tim Program Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta – (PKM-RE), Fakultas Pertanian, Universitas Tanjungpura (Untan) berhasil menemukan obat dari hasil penelitian berbahan komuditas lokal, Kamis (16/9/2021).

Komoditas lokal itu adalah Pekasam Ikan, Daun Nipah, dan Buah Kakao.

Cico Jhon Karunia Simamora, dosen Teknologi Fermentasi dan Mikrobiologi Pangan Untan, mengatakan tiga Tim PKM-RE ini berhasil menemukan hasil penelitian yang tak biasa. Mereka membutuhkan waktu tiga bulan untuk penelitian ini.

“Kita punya mahasiswa yang berhasil mendapatkan pendanaan dari Kemendikbud untuk melakukan penelitian,” katanya, Rabu (15/9/2021).

Ia menjelaskan, ada tim yang dibagi untuk mengembangkan penelian. Satu tim meneliti Pekasam Ikan sebagai obat anti diare.

Satu tim lagi meneliti Daun Nipah yang dikembangkan sebagai obat obesitas dalam bentuk permen.

Sementara satu tim lagi meneliti Buah Kakao yang dibuat tempe cokelat untuk obat diabetes.

Ia juga menambahkan bahwa penelitian yang dilakukan tersebut telah melewati uji riset.

“Penelitian hampir tiga bulan. Efektifnya itu tuga bulan. Mulai dari persiapan bahan, kajian dalam laboratorium dulu. Kita juga lakukan uji In Vitro. Semacam melihat apakah ada bakteri dalam setiap produk yang dihasilkan,” ujarnya

Selanjutnya ia mengatakan, hasil penelitiannya tersebut dipublikasikan dalam bentuk jurnal dan pengabdian kepada masyarakat.

“Kita publikasikan dalam jurnal internasional. Harapannya penelitian mahasiswa tidak hanya sebagai tulisan, tetapi juga bisa bermanfaat untuk masyarakat sebagai teknologi tepat guna,” pungkasnya. (Nia)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: