banner 468x60 banner 468x60

Kurangi Pencemaran Udara, Pemkab Sekadau dan Pertamina Gencarkan Program Langit Biru

  • Bagikan
SOSIALISAI - Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Sekadau menggelar acara Sosialisasi Program Langit Biru di ruang serbaguna Kantor Bupati Sekadau, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kamis (16/9/2021). (MC Sekadau)

SEKADAU, insidepontianak.com – Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Sekadau menggelar acara Sosialisasi Program Langit Biru di ruang serbaguna Kantor Bupati Sekadau, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kamis (16/9/2021).

Program langit biru bertujuan untuk mendukung Pemerintah Daerah dalam upaya penurunan emisi gas buang kendaraan dalam mengurangi pencemaran udara, khususnya pencemaran yang disebabkan pada sektor transportasi.

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Bupati Sekadau Aron didampingi Kapolres Sekadau, Danramil Sekadau Hilir, serta Branch Manager Rayon III PT Pertamina (Persero).

Bupati Aron mengatakan pelaksanaan sosialisasi ini merupakan tahap pengenalan dari program Langit Biru yang akan diterapkan mulai tanggal 19 September yang akan datang di Kabupaten Sekadau.

“Pemerintah Kabupaten Sekadau mendukung Program Langit Biru yang dilaksanakan oleh PT.Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Regional VI Sales Area Retail Kalbar. Ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas udara dan lingkungan yang bersih dan nyaman yang akan dimulai pada tanggal 19 September 2021 di Kabupaten Sekadau,” kata dia.

Ia juga menyebutkan bahwa, khusus bagi kendaraan roda 2, roda 3, angkutan umum dan taxi plat kuning untuk produk Pertalite (RON 90), pengguna dapat membeli Pertalite dengan harga setara Premium (RON 99) pada SPBU jalur reguler.

Pelaksanaan program langit biru ini didasari dari Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak, kemudian Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran udara, Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 20/Setjen/Kum.1/3/2017 tanggal 10 Maret 2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M,N dan O.

Turut hadir pada acara tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Sekadau, para Tokoh Adat dan Pemilik SPBU di Kabupaten Sekadau serta para Kepala SKPD dan Camat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau. (Ril)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: