banner 468x60 banner 468x60

Pemkab Evaluasi Percepatan Peningkatan Status IDM Kecamatan Sekadau Hulu

  • Bagikan
EVALUASI - Evaluasi percepatan peningkatan status IDM (Indeks Desa Membangun) Kecamatan Sekadau Hulu Tahun 2021 yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyrakat dan Desa Kabupaten Sanggau menggelar di kantor Camat Sekadau Hulu, Rabu (15/9/2021). (MC Sekadau)

SEKADAU, insidepontianak.com – Bupati Sekadau Aron menghadiri kegiatan evaluasi percepatan peningkatan status IDM (Indeks Desa Membangun) Kecamatan Sekadau Hulu Tahun 2021 yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyrakat dan Desa Kabupaten Sanggau menggelar di kantor Camat Sekadau Hulu, Rabu (15/9/2021).

Bupati Sekadau Aron menyampaikan apresiasinya terhadap pencapaian dari desa yang ada di Kabupaten Sekadau. Hal itu menurutnya dapat tercapai berkat keseriusan dan kerjasama dari berbagai pihak dalam membangun desanya serta mamajukan Kabupaten Sekadau.

“Kita patut bersyukur bahwa beberapa desa yang ada di Kabupaten Sekadau saat ini seperti yang disampaikan bahwa tidak ada lagi desa sangat tertinggal dan hanya 4 desa lagi yang tertinggal,” ucap Aron.

Ia berharap kepada seluruh kepala desa yang ada di Kabupaten Sekadau, untuk melihat salah satu indikator-indikator untuk menjadi desa berkembang, maju dan mandiri, sehingga bisa ditingkatkan.

“Harapan kita kedepannya agar desa-desa kita dapat saling berkompetisi, dimana untuk desa tertinggal bisa naik menjadi desa berkembang, desa berkembang bisa naik menjadi desa maju, dan desa maju naik menjadi desa mandiri, jadi itulah target kita kedepan,” katanya.

Selain itu, Bupati Sekadau Aron juga memberikan apresiasinya kepada Desa Rawak Hilir yang telah meraih prestasi sebagai terbaik ke-4 score secara nasional. Ia berharap Desa Rawak Hilir dapat menjadi contoh kepada desa lainnya yang ada di Kabupaten Sekadau untuk bisa memperoleh prestasi di tingkat Nasional.

Kadis PMD Kabupaten Sekadau Bayu Dwi Harsono mengatakan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mengevaluasi capaian percepatan peningkatan status IDM tahun 2021 khsusnya di Kecamatan Sekadau Hulu.

IDM merupakan salah satu upaya pemerintah melalui Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi Republik Indonesia dalam rangka melihat sejauh mana perkembangan kemandrian desa berdasarkan implementasi Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa dengan dukungan dana desa serta pendamping desa yang sudah dilaksanakan salama ini.

“Dari hasil pendataan dan pemutahiran tersebut diperoleh hasil untuk tahun 2019 yaitu 4 desa mandiri, 6 desa maju, 30 desa berkembang, 43 desa tertinggal, dan 4 desa sangat tertinggal,” kata Bayu.

Sedangkan untuk tahun 2020 terdapat 12 desa mandiri, 11 desa maju, 43 desa berkembang, 21 desa tertinggal, dan desa sangat tertinggal sudah tidak ada lagi di Kabupaten Sekadau.

“Sementara ditahun 2021 ini, dari 87 desa di Kabupaten Sekadau terdapat 16 desa mandiri, 21 desa maju, 46 desa berkembang, 4 desa tertinggal dan untuk desa sangat tertinggal tidak ada,” tuturnya.

Bayu menambahkan, khusus untuk desa di Kecamatan Sekadau Hulu dari jumlah 15 desa terdapat 2 desa mandiri yakni Desa Rawak Hilir dan Rawak Hulu, 7 desa maju yakni Desa Nanga Menterap, Boti, Tinting Boyok, Setawar, Sungai Sambang, Mondi, Nanga Biaban, 6 desa berkembang yakni Desa Perongkan, Sekonau, Nanga Pemubuh, Tapang Perodah, Nanga Biaban, dan Sunsong.

Selanjutnya, Bayu mengatakan Desa Rawak Hilir berdasarkan surat keputusan Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi RI Nomor 398.4.1/2021, pada tahun ini meraih prestasi sebagai terbaik ke-4 score secara nasional dan terbaik diluar pulau Jawa dan Bali dengan perolehan score sebesar 0,9886.

“Kami menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Desa Rawak Hilir dan Kecamatan Sekadau Hulu serta para TA PD dan PLD yang telah bersusah payah dalam pengimputan,” ucap Bayu.

Dengan kondisi yang diperoleh tersebut, adalah salah satu bukti pencapaian Pemerintah Kabupaten Sekadau yang tidak kalah dengan daerah lainnya khususnya di wilayah Provinsi Kalbar dan bahkan Nasional.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: