banner 468x60 banner 468x60

Mau Bercocok Tanam? Yuks Gunakan Pupuk Kompos Biar Bisa Jaga Lingkungan

  • Bagikan
Pupuk Kompos. suara.com
Pupuk Kompos. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Pupuk kompos bisa menjadi salah satu media tanam yang Anda butuhkan untuk memberikan nutrisi yang cukup pada setiap tanaman yang sedang bertumbuh.

Pupuk kompos sendiri dapat Anda buat sendiri dengan memanfaatkan sampah rumah tangga. Sehingga Anda juga dapat menjaga kelestarian lingkungan. Ditambah lagi, cara pembuatan pupuk kompos juga tergolong mudah dan tentu saja murah.

Oleh karena itu tidak ada salahnya jika Anda mencoba membuat pupuk kompos sebagai salah satu alternatif kegiatan selama di rumah aja. Berikut Suara.com merangkum untuk Anda.

Cara Membuat Pupuk Kompos

Kumpulkan sampah rumah tangga (bumbu dapur, kayu, sayuran, buah-buahan) sebagai bahan dasar kompos.  Potong-potong sampah-sampah organik sampai kecil.

Campurkan potongan sampah-sampah organik dengan tanah, larutan gula, pupuk kandang, EM4 ke dalam satu ember.

Tambahkan tanah untuk menutupi sampah organik. Siram permukaan tanah yang menutup sampah organik dengan air secukupnya. Tutup ember rapat-rapat, supaya pupuk tidak terkontaminasi.

Letakkan ember tersebut di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung, diamkan. Lakukan pengecekan sesekali untuk memastikan bahwa pengomposan berlangsung dengan cara memasukkan jari dalam adonan kompos.

Jika terasa hangat, maka pengomposan berhasil. Namun jika tidak, maka tambahkan sedikit air untuk memicu kinerja mikroorganisme

Setelah 3 bulan penyimpanan, kompos organic dapat Anda panen.
Manfaat Pupuk Kompos

1. Jaga lingkungan

Dengan mengguakan sampah-sampah rumah tangga sebagai bahan dasar, maka dengan membuat pupuk kompos, Anda juga berperan dalam pengolahan limbah. Dengan pengurangan limbah, maka produksi gas metana juga berkurang.

2. Jaga kualitas air dan tanah

Kandungan organik pada kompos dapat menjaga kualitas air dan tanah. Kompos akan memberikan kandungan organic pada struktir tanah dan mempertahankan kandungan air dalam tanah, sehingga tanaman tidak perlu terlalu sering disiram.

Kelebihan Pupuk Kompos

Pupuk kompos memiliki kandungan makro dan mikroorganisme yang kompleks

Pupuk kompos memiliki kandungan asam-asam organik, seperti asam humic, asam gulfic, hormon, dan enzim yang tidak dimiliki pupuk anorganik. Kandungan ini nantinya mampu memperbaiki sifat fisik dan biologis tanah.

Itulah rangkuman singkat tentang pupuk kompos mulai dari manfaat, cara membuat hingga kelebihannya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: