banner 468x60 banner 468x60

Simpan Emas, Tak Hanya Untuk Investasi tapi Ada Manfaat Jangka Panjang!

  • Bagikan
Emas tak hanya bermanfaat untuk investasi tapi ada jangka panjang. suara.com
Emas tak hanya bermanfaat untuk investasi tapi ada jangka panjang. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Emas merupakan salah satu jenis logam mulia. Kini emas ngetren sebagai instrumen investasi yang minim risiko. Tapi ternyata ada manfaat emas yang tidak sebatas dan jangka panjang.

Berikut lima manfaat emas bukan cuma buat investasi seperti dilansir Suara.com, belum lama ini.

1. Manfaat di Bidang Ekonomi

Tak cuma buat investasi, manfaat emas dalam bidang ekonomi lainnya adalah sebagai cadangan devisa negara karena nilai jualnya yang tinggi. Apalagi emas dapat diterima sebagai alat pembayaran yang sah secara internasional.

Bentuk emas yang dapat diterima yaitu emas batangan. Emas juga dapat diperjualbelikan dalam bentuk fisik dan non-fisik, seperti bentuk saham di bursa perdagangan.

2. Manfaat di Bidang Kecantikan

Siapa yang mengira jika emas bisa mengurangi kerutan, garis halus, dan noda hitam pada muka. Emas bisa dimanfaatkan untuk membuat kulit wajah terlihat awet muda.

Selain itu, emas dapat menghambat penurunan kolagen, mengobati kerusakan kulit akibat matahari, mengobati alergi, mengatasi inflamasi, serta meningkatkan elastisitas kulit. Di tangan ahli kecantikan, emas bisa diolah menjadi bahan campuran yang berguna bagi perawatan wajah.

3. Manfaat di Bidang Penghargaan

Emas menjadi simbol penghargaan atas prestasi tertinggi. Pemain sepak bola terbaik mendapatkan penghargaan bola emas. Atlet yang memenangi pertandingan atau siswa yang menjarai olimpiade sains juga diganjar medali emas.

4. Manfaat di Bidang Industri

Di bidang industri manfaat emas adalah sebagai bahan baku utama perhiasan. Selain perhiasan, emas juga bisa dibuat dalam bentuk pajangan atau souvenir.

Tak hanya industri perhiasan, ada juga yang unik-unik. Seperti mencampurkan emas ke dalam bahan pembuatan kaca khusus hingga pelindung helm astronot, karena berfungsi sebagai pemantul radiasi sinar matahari.

Selain itu, emas juga dijadikan sebagai pelapis bahan bangunan. Lembaga Antariksa Amerika Serikat, Nasa, menggunakan emas untuk berbagai elemen di pesawat luar angkasa. Antara lain bahan sirkuit dan pelumas untuk kendaraan luar angkasa karena bersifat konduktor yang baik dan antikarat.

5. Manfaat di Bidang Agama

Beberapa penganut agama dan kepercayaan menjadikan emas sebagai barang yang suci. Patung-patung yang diimani pemeluk Buddha sebagian terbuat dari emas. Misalnya di Vihara Wat Pho, Bangkok.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: