banner 468x60 banner 468x60

Kenali 5 Manfaat Teh Hijau, dari Turunkan Berat Badan hingga Cegah Stroke

  • Bagikan
Manfaat teh hijau. suara.com
Manfaat teh hijau. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Tahukah kamu bahwa ada bermacam-macam teh di dunia? Dari sekian banyak jenis teh yang ada itu, teh hijau menjadi salah satu jenis teh yang dipercaya memiliki banyak sekali khasiat baik bagi tubuh. Lantas apa saja manfaat teh hijau?

Faktanya pemanfaatan teh hijau sebagai obat herbal sudah diterapkan oleh nenek moyang kita, di daerah asalnya teh hijau sudah mulai dimanfaatkan sejak 4000 tahun lalu.

Lalu bagaimana pula sejarah pemanfaatan teh hijau sebagai obat herbalm, berikut ulasan yang dbuat Suara.com untuk Anda.

PlayvolumeAd

Berikut adalah ulasan tentang 5 manfaat teh hijau bagi tubuh bagi kesehatan tubuh kita dan sejarahnya, mari simak!

Manfaat Teh Hijau

Sudah menjadi rahasia umum bahwa teh hijau merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, menyadur dalam alodokter berikut adalah beberapa manfaat teh hijau bagi kesehatan tubuh:

1. Cegah Penyakit Stroke dan Jantung

Kandungan asam felonik yang terdapat pada teh hijau dipercaya ampuh dalam menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung koroner, bahkan salah satu riset menyebutkan bahwa dengan rutin mengkonsumsi teh hijau juga dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

2. Menurunkan Berat Badan

Manfaat teh hijau yang kedua ialah dapat menunrunkan berat badan, faktanya banyak sekali dinatara kita yang selalu mengeluhkan tentang proses menurunkan berat badan. Nah rutin mengkonsumsi teh hijau menjadi salah satu metode menurunkan berat badan alami yang cocok untuk anda terapkan

3. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Radikal bebas yang terapar ke dalam tubuh kita menjadi salah satu penyebab utama tumbuhnya virus kanker, antioksidan berupa polifenol yang terdapat dalam teh hijau menjadi salah satu senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

4. Menstabilkan Tekanan Darah

Jika umumnya teh selalu dikaitkan dengan tekanan darah tinggi namun tidak dengan jenis teh yang satu ini, teh hijau justru dapat melakukan sebaliknya. Hal ini terjadi karena teh hijau mampu melemaskan otot-otot yang akan berpengaruh terhadap turunnya tekanan darah.

5. Cegah Diabetes

Dengan rutin mengkonsumsi teh hijau akan dapat meningkatkan kinerja insulin dan menurunkan kadar gula di dalam tubuh.

Sejarah Pemanfaatan Teh Hijau

Sebelum kita lebih jauh membahas tentang manfaat teh hijau bagi kesehatan tubuh manusia, terlebih dahulu kita akan membahas tentang sejarah pemanfaatan teh hijau terlebih dahulu.

Salah satu minuman olahan daun teh hijau yang cukup populer di dunia adalah ocha, minuman yang berasal dari Jepang tersebut dijasikan tanpa pemanis.

Namun faktanya teh hijau berasal dari Cina dan sudah dimanfaatkan sebagai minuman perjamuan para raja sejak 2700 tahun sebelum Masehi, tepatnya pada masa pemerintahan Kaisar Shen Nung.

Tidak hanya itu pada salah satu kamus kuno yang ditulis pada sebelum 250 tahun sebelum Masehi juga dijelaskan bahwa teh hijau termasuk dalam tanaman obat Cina yang memiliki khasiat sebagai penangkal racun dalam tubuh.

Sedangkan di Jepang sendiri tradisi minum teh baru mulai populer sekitar pada abad ke-6, tepatnya pada masa keshogunan Kamakura ada seorang pendeta Eisai dan Dogen yang menyebarkan agama zen dan matcha (salah satu olahan teh hijau).

Hingga kini teh hijau dan zen dikenal sebagai dua objek yang saling memiliki korelasi terutama dalam penerangan spiritual.

Kandungan Nutrisi Teh Hijau

Dalam 100gram teh hijau terdapat beragam nutrisi baik, diantaranya adalah:

1 kkal energi
0,2gram protein
1 miligram magnesium
8 miligram kalium
12 miligram kafein

Demikian adalah ulasan tentang manfaat teh hijau bagi kesehatan tubuh lengkap dengan sejarah dan kandungannya. Semoga artikel ini dapat memberikan referensi bagi anda yang ingin memulai transisi dari obat-obatan konvensional menjadi obat herbal.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: