banner 468x60 banner 468x60

Minum Susu Kambing Tiap Hari, Buktikan Khasit Menakjubkan untuk Tubuh

  • Bagikan
Ilustrasi manfaat susu kambing. suara.com
Ilustrasi manfaat susu kambing. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Selain susu sapi, susu kambing adalah salah satu minuman favorit bagi sebagian orang. Banyak orang yang mengonsumsinya karena kandungannya yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Ada juga banyak olahan susu kambing yang tidak mengurangi manfaatnya, seperti keju, mentega, es krim dan yoghurt. Makanan olahan susu kambing ini dianggap sebagai makanan lezat karena tingginya buttermilk dan konsistensi yang kaya.

Selengkapnya simak ulasan tentang manfaat susu kambing untuk kesehatan seperti dilansir dari laman Organic Facts, dikutip Suara.com, belum lama ini

Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan

Susu kambing mungkin tak sepopuler susu sapi yang sering dikonsumsi setiap harinya. Namun jika kamu mencoba mengonsumsi susu kambing, mungkin kamu akan takjub dengan manfaat yang menguntukan untuk kesehatan.

Diketahui bahwa manfaat susu kambing termasuk untuk menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan, meningkatkan nutrisi dan metabolisme tubuh, mengurangi peradangan, memperkuat tulang dan kekebalan tubuh, menghilangkan penumpukan racun dalam tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, dan sebagainya. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Memperkuat Tulang

Sama seperti varietas susu lainnya, susu kambing juga kaya akan kalsium. Susu kambing akan memberi asupan jumlah kalsium yang sebanding dengan susu sapi tanpa memberi efek samping.

Jika rutin meminum susu kambing, maka tubuh akan dipastikan memiliki simpanan kalsium yang kaya dan stabil untuk membantu mencegah osteoporosis.

2. Sifat Anti Peradangan

Alasan orang lebih suka minum susu kambing karena setelah meneguknya, tubuh akan terhindar dari radang dan sakit perut yang sering disebabkan oleh susu sapi. Hal ini karena susunan enzimatik unik dari susu kambing yang baik untuk menenangkan peradangan di usus.

Meski meneliti efeknya untu area tubuh lain, namun yang pasti, sifat anti peradangan ini baik untuk kesehatan perut.

3. Bagus untuk Perawatan Kulit

Susu kambing mengandung sebagian besar seng atau zinc. Zinc merupakan mineral yang penting untuk pemeliharaan kulit yang sehat, penyembuhan luka, dan meningkatkan kekebalan bawaan dan adaptif.

4. Menyerap Nutrisi secara Efisien

Manfaat susu kambing berikutnya adalah komposisi nutrisi kimianya jauh lebih mendekati susu manusia dibanding susu sapi. Secara komposisi nutrisi ini, susu manusia mirip dengan susu kambing. Manfaatnya, tubuh bisa mendapat lebih banyak nutrisi dari susu dan mengurangi stres pada proses pencernaan.

5. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Susu kambing dikenal lebih padat nutrisi dibandingkan susu sapi. Satu cangkir susu kambing, mengandung hampir 40% kebutuhan kalsium harian, 20% asupan vitamin B, serta kalium dan fosfor dalam jumlah besar.

Susu kambing juga membantu meningkatkan penyerapan zat besi di saluran pencernaan yang penting bagi orang yang anemia atau kekurangan lainnya.

6. Melindungi Kesehatan Jantung

Asam lemak dalam susu kambing lebih banyak dua kali dibanding susu sapi, yang artinya kolesterolnya aman jika diminum. Dengan menyeimbangkan asam lemak esensial (essential fatty acid), maka akan mencegah aterosklerosis, stroke, serangan jantung, dan komplikasi koroner lainnya.

Kadar kalium yang tinggi baik untuk menurunkan tekanan darah karena mampu melemaskan pembuluh darah dan mengurangi ketegangan sistem kardiovaskular. Hal ini bisa terjadi karena sifat kalium sebagai vasodilator.

7. Meningkatkan Pertumbuhan dan Perkembangan Tubuh

Menjadi sumber protein yang sangat kaya, susus kambing berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Protein adalah bahan penyusun sel, jaringan, otot, dan tulang. Asupan protein yang terpenuhi dan stabil, akan meningkatkan metabolisme dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

8. Menurunkan Berat Badan

Meski tinggi asam lemak, susu kambing memiliki lemak jahat lebih sedikit. Artinya, manfaat susu kambing bagus untuk menurunkan berat badan tanpa mengorbankan kebutuhan asupan nutrisi tubuh.

Itulah beberapa manfaat susu kambing untuk kesehatan tubuh. Karena komposisi nutrisi susu kambing berbeda dengan susu sapi, tidak disarankan anak-anak mengonsumsi susu kambing. Beri nutrisi yang tepat sesuai dengan usianya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: