banner 468x60 banner 468x60

Percepat Identifikasi Covid-19, RSUD Sultan Muhammad Jamaluddin 1 Sediakan Alat Tes PCR Jenis IIPCR

  • Bagikan

KAYONG UTARA, insidepontianak.com –  Guna mempercepat identifikasi Covid-19, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Muhammad Jamaluddin 1 Kayong Utara menyediakan alat  tes PCR jenis IIPCR (Insulated Isothermal PCR). Dengan alat baru ini hasil sampel bisa diketahui 2  jam kemudian.

“Alat ini sekali memutar itu bisa 8 sample, dalam sehari bisa dua kali digunakan jadi bisa 16 sample satu hari dan hasil dari alat ini bisa mendapatkan hasil paling cepat dua jam,” terang Direktur RSUD SM Jamaludin I Kabupaten Kayong Utara, dr. Maria Fransisca, Selasa (21/9/2021).

Menurut Fransiska, saat  ini pihaknya sedang mengurus perizinan untuk mengoperasionalkan alat PCR pertama di Kayong Utara tersebut dengan bekerjasama  pihak pemerintah provinsi  agar izin operasional segera terbit dari Balitbangkes.

“Permasalahan untuk menggunakan alat ini adalah legalitas labolatorium  yang dikeluarkan dari Balitbangkes pusat, kemarin dalam rangka menilai kelayakan pada tanggal 11 september itu kami sudah mendatangkan tim visitasi dari Dinas Provinsi Kalbar dengan pihak Labkesda Provinsi Kalimantan Barat untuk melihat kesiapan kita,”ungkapnya.

Ia menambahkan, izin operasional tes PCR tersebut banyak yang harus dipenuhi seperti tenaga Kesehatan  yang sudah terlatih dan labolatorium yang layak dan  memenuhi standarisasi.

“Syarat- syarat banyak sekali ada checklist melihat misalnya petugasnya memilik  STR dan SIP, selain itu juga ruangannya apakah sudah memenui syarat, dan masih banyak lagi,” katanya. (Fauzi)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: