banner 468x60 banner 468x60

Gara-gara Endometriosis, Rahim dan Usus Buntu Aktris Amerika Ini Diangkat

  • Bagikan
Amy Schumer menderita endometriosis (Instagram)
Amy Schumer menderita endometriosis (Instagram)

PONTIANAK, insidepontianak.com – akibat endometriosis, Komedian Amerika Serikat, Amy Schumer, terpaksa melakukan operasi pengangkatan rahim dan usus buntu.

Endometriosis merupakan kondisi kronis di mana jaringan yang membentuk rahim tumbuh di luar rahim. Kondisi ini menyebabkan menstruasi yang sangat menyakitkan, nyeri saat berhubungan seks, dan terkadang memengaruhi kesuburan.

Mengunggah ke akun Instagram-nya, Amy mengatakan dokter menemukan 30 titik endometriosis dan telah mengangkatnya sekaligus usus buntunya.

Wanita 40 tahun yang juga berprofesi sebagai aktris ini mengatakan ada banyak darah di rahimnya dan ia merasa nyeri.

“Jika menstruasimu sangat menyakitkan, kemungkinan kamu menderita endometriosis,” tulis Amy dalam caption-nya, dikutip Suara.com

Berdasarkan Insider, endometriosis kurang terdiagnosis karena umumnya gejala disalahartikan sebagai kondisi lain atau dianggap sebagai sakit menstruasi biasa.

Jaringan umumnya tumbuh di luar rahim, tetapi juga bisa menyebar ke ovarium, saluran tuba, lapisan panggul, kandung kemih, usus, dan rektum.

Walau tidak ada obatnya, endometriosis dapat dirawat dengan obat-obatan pereda nyeri serta perubahan pada KB.

Sementara perawatan non-medis bisa berupa akupuntur, perubahan pola makan, olahraga, hingga mengatur posisi seks.

Apabila perawatan tersebut tidak cukup, penderita dapat melakukan operasi pengangakatan, baik menghilangkan jaringan maupun sekaligus organ yang terkena.

Sementara itu bagi Amy, setelah ini ia tidak lagi bisa hamil. Tapi ia sudah memiliki seorang anak bernama Gene David yang lahir pada 2019.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: