banner 468x60 banner 468x60

Tak Perlu ke Luar Negeri! Indonesia punya Gunung Api dengan Pemandangan Menakjubkan

  • Bagikan
Gunung Bromo. net
Gunung Bromo. net

PONTIANAK, insidepontianak.com – Indonesia terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa kaya, tak terkecuali gunung-gunung api di bawah ini yang menyajikan pemandangan alam yang indah.

Berikut empat gunung api yang akan membut kagum mata. Suara.com merangkum untuk kamu di rumah.

1. Gunung Kerinci

Mengutip dari Wikipedia, Gunung Kerinci terletak di perbatasan antara Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Jambi, tepatnya di deretan Pegunungan Bukit Barisan 130 km sebelah selatan Provinsi Sumatera Barat.

Gunung yang merupakan puncak tertinggi di Sumatera ini memiliki ketinggian 3.805 mdpl dan dikelilingi oleh hutan lebat yang dinamai Taman Nasional Kerinci Seblat, hutan ini adalah habitat asli harimau sumatera dan badak sumatera.

Kerici adalah gunung berjenis stratovulcano yang masih aktif dan juga memiliki kawah seluas 400×120 meter, gunung ini terakhir mengalami letusan yakni pada tahun 2009.

2. Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah salah satu gunung api yang terletak di Provinsi Jawa Timur, berdiri di wilayah kabupaten yakni Probolinggo, Malang, Pasuruan, dan Lumajang. Bromo memiliki ketinggian 2.329 meter dpl dan merupakan gunung api yang masih aktif hingga saat ini.

Gunung ini banyak dikujungi wisatawan karena pemandangan alamnya yang indah. Bagi suku Tengger sendiri, gunung ini dianggap sebagai gunung suci dimana setiap tahun diadakan upacara Yadnya Kasada disana.

3. Gunung Semeru

Gunung Semeru memiliki puncak bernama Mahameru dengan ketinggian mencapai 3.676 mdpl, merupakan gunung api tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci dan Gunung Rinjani.

Semeru terletak di wilayah 2 kabupaten yakni Lumajang dan Malang, juga termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Sama seperti Bromo, Semeru juga memiliki pemandangan yang begitu indah. Film 5 cm adalah salah satu bukti keindahan Gunung Semeru.

4. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat, merupakan gunung api tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci. Ketinggiannya mencapai 3.726 mdpl dan termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Gunung yang masuk dalam wilayah kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Lombok Barat ini menjadi salah satu favorit para pendaki karena memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Itulah 4 gunung api di Indonesia dengan pemandangan yang menakjubkan, tidak perlu ke luar negeri karena di negeri sendiri kita bisa menemukan surga yang tak kalah indahnya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: