banner 468x60 banner 468x60

Inovasi Keren! Mahasiswa Pertanian Untan Buat Masker Antimikroba dari Bahan Tenun

  • Bagikan
Penyerahan Hasil Penelitian Masker Kain Tenun Antimikroba kepada Dekranasda Pontianak oleh Tim PKM-RE Fakultas Pertanian
Penyerahan Hasil Penelitian Masker Kain Tenun Antimikroba kepada Dekranasda Pontianak oleh Tim PKM-RE Fakultas Pertanian. Ist

PONTIANAK, insidepontianak.com – Tim Program Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta (PKM-RE) Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura (Untan) kembali berinovasi. Kali ini mereka berhasil membuat masker antimikroba berbahan kain tenun.

Erni Sembiring salah satu anggota dari tim PKM ini mengatakan, masker yang mereka buat sudah teruji standarisasinya.

“Kami membuat suatu inovasi baru berupa masker terstandar anti Covid-19 yang mengandung senyawa antimikroba berbahan kain tenun Dayak Sintang tahan pencucian,” katanya, Jumat (24/9/2021).

Masker ini kata dia merupakan masker yang unik, karena memiliki aktivitas antimikroba. Jadi harapannya saat mikroba menempel pada masker, mikroba tersebut langsung mati.

“Sehingga dapat meningkatkan keamanan pengguna masker tersebut di masa pandemi saat ini. Masker ini juga tentunya telah uji standarisasi dan lolos uji sehingga layak untuk digunakan oleh kalangan umum,” ucapnya.

Tim ini dibimbing Cico Jhon Karunia Simamora, Dosen Teknologi Fermentasi dan Mikrobiologi Pangan Pertanian Untan. Ia juga menjadi mahasiswa penyumbang karya pertama di Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pontianak.

“Ini merupakan pertama kali dari mahasiswa yang menyumbangkan karyanya. Saya sangat senang bahwa mahasiswa itu sangat kreatif dan inovatif,” ucap Hendry Avenus, Pengurus Dekranasda Bidang Daya Saing Produk.

Menurutnya, masker mikroba biasanya digunakan sebagai masker modern. Sedangkan ini memasukkan unsur kearifan lokal.
Sebagai informasi tambahan, semua biaya yang dikeluarkan dalam penelitian ini ditanggung sepenuhnya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Nia)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: