banner 468x60 banner 468x60

Jajanan Penuh Nostalgia! Simak Cara Buat Cemilan Jadul Rambut Nenek

  • Bagikan
Rambut nenek atau gulali basah. (YouTube/Pufflova)
Rambut nenek atau gulali basah. (YouTube/Pufflova)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Nostalgia di setiap gigitan cemilan jadul, tampaknya tak akan pernah lekang oleh waktu. Salah satu jajanan jadul yang hingga saat ini masih eksis digemari oleh berbagai kalangan, ialah rambut nenek.

Cenderung memiliki cita rasa manis, makanan ringan ini memiliki julukan unik karena bentuknya yang mirip dengan rambut nenek. Bukan rambut nenek sungguhan, makanan ini sebenarnya terbuat dari tepung dan juga gula.

Memang seiring berjalannya waktu, rambut nenek mulai sulit ditemukan. Tak perlu bersedih, karena sebenarnya rambut nenek ini dapat kalian buat sendiri di rumah.

Caranya mudah, warna dan rasanya bisa disesuaikan dengan selera kalian lho. Penasaran? Yuk intip resep jajanan jadul rambut nenek yang berhasil Suara.com rangkum dari laman Cookpad, belum lama ini.

Bahan-bahan:

5 sendok makan gula pasir
4 sendok makan air matang
1/2 bagian jeruk nipis
Pewarna secukupnya sesuai selera
Tepung ketan atau tepung terigu secukupnya

Cara membuat:

Pertama-tama, sangrai tepung beras hingga aroma wanginya terasa. Matikan kompor, kemudian tuang tepung beras ke dalam wadah yang ukurannya cukup lebar.

Berikutnya, taburkan tepung beras sampai merata dan panasnya hilang. Sambil menunggu, kalian bisa membuat adonan gulalinya dulu ya.

Caranya, campurkan gula, air, pewarna dan juga air perasan jeruk. Setelah itu, masak dengan api sedang pada kompor sambil terus diaduk hingga mendidih.

Masak adonan sampai teskturnya berbusa dan sedikit kental, kira-kira 8-10 menit. Aduk sesekali, agar gula tidak kemudian membentuk kristal.

Aduk adonan sampai dengan busanya hilang, dan permukaanya menjadi being. Angkat, lalu tuang gulali ke wajan panas yang sudah ditempatkan di atas bak berisi air. Diamkan sampai adonan teksturnya menjadi keras dan kental.

Setelah teksturnya mengental dan mengeras, ambil adonan secukupnya kemudian bentuk melingkar seperti karet gelang. Gulingkan ke atas tepung yang sudah disangrai, sambil terus lipat ulang, pilin kemudian tarik.

Ulangi cara di atas sampai bentuknya mirip mi atau rambut nenek. Jika sudah jadi, bisa dimakan langsung atau disimpan dalam wadah kedap udara.

Nah, itu dia resep jajanan jadul rambut nenek yang bisa kalian coba di rumah. Semoga berhasil ya!

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: