banner 468x60 banner 468x60

Kerajaan Angling Darma di Pandeglang: Iskandar Jamaludin Firdos, Raja Berjiwa Sosial hingga Miliki 4 Istri

  • Bagikan
Iskandar Jamaludin Firdos pria yang dipanggil raja oleh warga duduk di kursi singgasana ditemani empat perempuan saat serah terima kunci rumah kepada warga. Ia membangun 30 rumah warga miskin di Pandeglang.
Iskandar Jamaludin Firdos pria yang dipanggil raja oleh warga duduk di kursi singgasana ditemani empat perempuan saat serah terima kunci rumah kepada warga. Ia membangun 30 rumah warga miskin di Pandeglang. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Heboh adanya kerjaan Angling Dharma, membuat orang bertanya-tanya seperti apa kerajaan dan juga rajanya. Dialah Iskandar Jamaludin Firdos yang mengaku sebagai Raja Kerajaan Angling Darma yang sempat viral di media sosial.

Pria yang disebut Raja Iskandar Jamaludin Firdos merupakan warga Kampung Salanghari, Desa Pandat, Kecamatan Mandalawani, Pandeglang.

Pria yang juga seringkali dipanggil Baginda Iskandar Jamaludin Firdos ini dikenal lantaran kedermawanannya kepada warga sekitar. Ia seringkali memberi santunan kepada anak yatim hingga membangunkan puluhan rumah warga masikin di Pandeglang.

Kali ini, Suara.com merangkum fakta terkait Iskandar Jamaludin Firdosa. Langsung saja yuk kita simak 4 fakta Raja Iskandar Jamaludin Firdos.

1. Klaim Keturunan Sultan Hasanuddin

Pria yang mengklaim dirinya Raja Iskandar Jamaludin Firdos yang merupakan raja dari Kerajaan Angling Darma itu mengklaim dirinya merupakan keturunan dari Kesultanan Banten.

Ia mengaku merupakan keturunan dari salah satu Raja di kesultanan Banten yakni Sultan Hasanuddin. Hal tersebut diungkapkan salah satu pengikutnya yakni Aki Jamil yang beberapa waktu terakhir ditemui.

Sementara, makna dari kata Angling Darma yang digunakan oleh Baginda untuk kerajaannya adalah membaktikan diri pada sang pencipta dan pada sesama.

“Jadi Angling Darma itu anging mendarama dan membakti jadi bukan hanya Baginda saja kita juga harus mendarma sama yang maha kuasa, membakti sama yang maha kuasa dan yang diciptakan juga,” ungkap salah satu pengiktnya Aki Jamil

2. Bangun Puluhan Rumah Warga Miskin

Masih menurut pengikutnya Aki Jamil, dirinya biasa menyebut Iskandar Jamaluddin Firdos dengan sebutn Baginda.

Ia menuturkan baginda merupakan sosok seorang raja yang adil dan bijaksana terutama pada warga yang kurang mampu, tercatat sudah 35 rumah warga miskin yang dibangun olehnya tersebar di Kecamatan Mandalawangi, Pagelaran dan Menes. Ternyata cukup berjiwa sosial raja ini.

“Ada keturunan juga sultan di Banten. Tidak hanya untuk janda tapi yang punya suami juga tetap rumahnya yang tidak layak Baginda bangun dengan anggaran dari manapun, tidak dibantu dari pemerintah, sumbangan proposal dan lainnya itu murni punya Baginda. Pada intinya Baginda itu punya hati yang adil dan bijaksana jadi sosok Baginda ini punya hati yang adil dan bijaksana,” tutur Jamil.

3. Kenakan Pakaian Bernuansa Kerajaan Islam

Iskandar Jamaludin Firdos kerap berpenampilan busana seperti raja kerajaan Islam. Terbaru, Minggu (19/9/2021) ia mengenakan pakaian serba hitam bak baju kerajaan dengan kopiah hitam berlambang rajawali di bagian atas kanan.

4. Dikabarkan Punya Istri 4

Saat acara serah-terima kunci rumah di Lapangan Bola, Desa Surakarta, Kecamatan Pagelaran, Minggu (19/9/2021) lalu. Iskandar Jamaludin Firdos ditemani dengan empat perempuan cantik yang masing-masing dua orang duduk di sebalah kanan dan kirinya.

Belum ada pernyataan resmi soal status 4 orang perempuan itu apakah istrinya atau bukan. Namun, menurut informasi warga sekitar keempat perempuan itu merupakan istri Iskandar Jamaludin Firdos.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: