banner 468x60 banner 468x60

Perhatikan Ini Saat Membuat Tempat Bekerja di Rumah!

  • Bagikan
Ilustrasi bekerja di rumah. suara.com
Ilustrasi bekerja di rumah. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Tahukah kalian bahwa lingkungan membawa pengaruh tertentu terhadap setiap keputusan yang Anda buat dan suasana hati Anda secara keseluruhan.
Jadi, sangat penting untuk menemukan lokasi yang tepat untuk bekerja, terutama jika Anda banyak menghabiskan waktu di sana.

Untuk mencari lokasi yang terbaik bekerja dari rumah, serta membantu Anda meningkatkan produktivitas sekaligus tetap nyaman pada saat bersamaan, simak tips berikut seperti yang dilansir dari 5 Minute Crafts, yang dikutip Suara.com.

1. Jika Anda memiliki ruangan terpisah

Memiliki ruangan terpisah untuk satu tujuan bisa membuat Anda lebih fokus. Hal ini membantu otak Anda untuk tidak bekerja melawan lingkungan untuk menyelesaikan sesuatu. Selain itu, anggota keluarga lainnya tidak akan mengalihkan perhatian Anda dengan aktivitas mereka.

Jika Anda memiliki kamar cadangan, Anda berada dalam situasi yang ideal, tetapi Anda mungkin masih perlu memutuskan di mana lokasi terbaik untuk bekerja.

Pilihan terbaik adalah menggunakan kamar tidur tambahan yang bisa Anda ubah menjadi kantor.

Di sini, Anda benar-benar dapat menciptakan pengalaman kantor yang penuh atau menggunakan ruang sebanyak atau sedikit yang Anda butuhkan. Selain itu, karena ini adalah ruang kerja khusus, Anda dapat mendekorasinya sesuka Anda dan memenuhi semua kebutuhan fungsional.

Pilihan yang kurang cocok yaitu:

Garasi yang diubah

Ini bisa menjadi tempat yang bagus untuk bekerja tetapi mungkin memerlukan investasi besar untuk menjadi ruang kerja rumah yang berfungsi penuh, ditambah Anda mungkin perlu memarkir mobil Anda di luar.

Ruang bawah tanah

Meskipun semakin populer, ruang bawah tanah biasanya lembap, terutama pada waktu-waktu tertentu yang berdampak buruk bagi kesehatan Anda, dan jika Anda berencana untuk menyimpan dokumen atau peralatan komputer yang dapat terpengaruh oleh panas, dingin, atau lembap, ini mungkin bukan tempat yang ideal.

Loteng

Sebagian besar loteng berbentuk aneh, dengan atap rendah atau miring yang dapat mengurangi penggunaan banyak ruang, dan juga dapat mengalami perubahan suhu yang besar, serta hama (kelelawar, tupai, tikus, serangga, dan lainnya).

2. Jika Anda tidak memiliki ruangan terpisah

Dalam hal ini, Anda mungkin harus berpikir kreatif dan melakukan yang terbaik dengan apa yang Anda miliki. Tetapi Anda dapat mengubah setiap tempat di rumah Anda menjadi ruang kerja asalkan internet, listrik, dan utilitas lain tersedia di sana.

Pilihan terbaik Anda untuk tempat kerja adalah sudut cadangan. Ini adalah cara paling murah untuk menyiapkan ruang kerja di rumah, tetapi juga memiliki beberapa kelemahan, seperti jika Anda tidak tinggal sendiri, harus berurusan dengan kebisingan dan kurangnya privasi.
Jika Anda lebih suka pindah lokasi, Anda mungkin dapat memilih di antara opsi berikut:

Ruang makan

Ini adalah salah satu pilihan paling populer karena murah, cepat, dan sering digunakan hanya pada kesempatan tertentu. Tergantung pada kebutuhan Anda, itu bisa menjadi ideal, seperti jika Anda perlu menyebarkan dokumen di atas meja besar.

Dapur

Ini juga merupakan pilihan yang populer, karena pencahayaannya mungkin sesuai dan suasananya sering ceria. Tapi ini paling cocok untuk pekerja paruh waktu yang tinggal sendirian karena dapur adalah ruangan yang sibuk dan Anda mungkin tergoda untuk ngemil. Anda dapat menggunakan meja lipat dengan lemari arsip di bawah dan di atas.

Hindari menggunakan kamar tidur Anda sebagai kantor

Jika tidak, Anda mungkin merasa sulit untuk memisahkan pekerjaan dari rumah. Jika Anda tidak memiliki opsi lain, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menambahkan pembagi privasi ke pengaturan kantor rumah Anda.

Catatan: Menyetel ulang kantor Anda setelah setiap kali makan mungkin tidak menarik bagi Anda, tetapi ingat bahwa setelah Anda selesai hari itu, menyimpan barang-barang Anda dapat memaksa Anda untuk melepaskan diri dari pekerjaan dan bersantai.

3. Dalam situasi bagaimanapun

Coba atur di dekat jendela

Jika memungkinkan, posisikan ruang kerja Anda di dekat jendela sehingga Anda dapat berjemur di bawah sinar matahari dan sesekali merilekskan mata yang tegang dengan melihat pemandangan.

Bagaimanapun, cahaya alami yang terang adalah yang terbaik untuk bekerja di depan komputer atau membaca.

Jika Anda tidak dapat mengatur di dekat jendela. Cobalah duduk sedekat mungkin dengan jendela karena ini juga penting untuk sirkulasi udara.

Temukan ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Ruang kerja Anda harus memiliki bukaan dan ventilasi. Jika perlu, pasang AC untuk mendinginkan area ruang kerja.

Memaksimalkan opsi penyimpanan Anda

Kantor rumah cenderung kecil, bahkan ketika Anda memiliki ruang khusus, jadi jangan hanya berpikir berdampingan dalam hal penyimpanan, pikirkan juga secara vertikal. Kandang, rak buku tinggi, atau bahkan rak apung dapat memberi Anda lebih banyak penyimpanan tanpa menghabiskan ruang lantai yang berharga.

Jika Anda adalah tipe orang yang perlu fokus saat bekerja, Anda dapat membiarkan lingkungan ruang kerja Anda polos tanpa dekorasi apa pun. (Carissa Lim)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: