banner 468x60 banner 468x60

Yuks Coba Buat Ajitsuke Tamago, Telur Setengah Matang ala Jepang yang Super Gurih

  • Bagikan
Ilustrasi Ramen. suara.com
Ilustrasi Ramen. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Telur pada sajian ramen, mi khas Jepang, selalu sukses menarik perhatian. Telur yang umumnya disajikan setengah matang ini begitu menggugah selera bagi penikmatnya.

Ajitsuke Tamago dalam bahasa Indonesia bisa disebut sebagai telur setengah matang ala Jepang. Telur ini biasa mempercantik menu ramen atau udon.

Cara pembuatan menu ini bisa dibilang cukup praktis. Bahan yang dibutuhkan pun hanya sedikit. Kamu bisa mulai mencoba membuat telur ini di rumah.

Suara.com telah merangkum resep Ajitsuke Tamago dari situs Cookpad. Resep ini diunggah oleh Dita Nadia. Yuk, simak resep lengkapnya.

Bahan:

2 buah telur ayam (disarankan menggunakan telur bebas salmonela atau telur yang bisa dimakan mentah. Telur ini bisa ditemukan di swalayan yang khusus menjual bahan masakan Jepang)
300 ml kecap asin Jepang (Shoyu)
10 ml mirin (bisa diganti dengan larutan air dan gula)
300 ml Air dingin

Cara membuat:

Rebus 2 buah telur, jika ingin setengah matang, kamu bisa merebusnya selama 6 sampai 7 menit. Namun apabila ingin telur matang, rebuslah selama 9 menit.

Angkat telur, kemudian masukkan ke dalam wadah berisi air dingin. Tunggu sampai telur menjadi dingin dan mudah dikupas.Kupas telur hingga bersih dari cangkangnya, kemudian rendam kembali ke dalam air dingin selama 1 sampai 2 menit.

Campurkan mirin, shoyu, dan air ke dalam kantong plastik atau wadah yang bisa ditutup rapat. Kemudian pindahkan telur ke dalam plastik tersebut.

Ikat plastik atau tutup wadah, kemudian simpan di dalam lemari es selama 4 hingga 5 jam. Ingat, jangan terlalu lama karena bisa membuat telur jadi asin berlebih.

Warna telur akan berubah menjadi kecoklatan dan siap untuk dihidangkan bersama sajian mi.
Mudah, bukan? Selamat mencoba resep Ajitsuke Tamago!

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: