banner 468x60 banner 468x60

Manfaat Buah Naga : Kaya Serat, Baik Untuk Kesehatan Usus

  • Bagikan
Buah naga. suara.com
Buah naga. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Jangan tanya soal kandungan nutrisi pada buah Naga. Buah Naga atau dikenal dengan pitahaya atau pir stroberi adalah buah tropis dengan kulit berwarna merah cerah dan daging buahnya manis berbintik-bintik.

Tampilannya yang unik ini, disadari oleh para pecinta buah sebagai salah satu sumber nutrisi yang bagus. Manfaat buah naga juga dikenal sangat banyak.

Berikut manfaat buah naga untuk kesehatan yang telah terbukti, seperti dilansir dari Healthline, dikutip Suara.com.

1. Buah Tinggi Nutrisi

Buah naga termasuk asupan rendah kalori yang mengandung vitamin, mineral, dan serat makanan yang tinggi. Satu cangkir porsi buah naga (227 gram), mengandung 136 kalori yang terdiri dari 3 gram Protein, 0 gram lemak, 29 gram karbohidrat, 7 gram serat, zinc, magnesium, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu, buah naga juga mengandung senyawa tanaman yang bermanfaat seperti polifenol, karotenoid, dan betasianin.

2. Membantu Melawan Penyakit Kronis

Buah naga mengandung antioksidan, vitamin C, beta-karoten, likopen, dan betalain. Penelitian telah menghubungkan diet tinggi antioksidan dengan penurunan risiko penyakit kronis, mulai dari penyakit jantung, kanker, diabetes, dan radang sendi.

3. Sarat dengan Serat

Manfaat buah naga menawarkan 7 gram serat per porsi, menjadikannya pilihan sangat baik untuk memenuhi kebutuhan serat harian kamu. Serat dikenal baik bagi pencernaan.

Penelitian pun menunjukkan bahwa serat mungkin juga berperan dalam melindungi dari penyakit jantung, mengatasi diabetes tipe 2, kanker usus besar, dan menjaga berat badan yang sehat.

4. Meningkatkan Kesehatan Usus

Usus adalah rumah bagi sekitar 100 triliun mikroorganisme yang beragam, termasuk lebih dari 400 spesies bakteri. Banyak peneliti percaya jika mikroorganisme ini bisa mempengaruhi kesehatan.

Manfaat buah naga akan meningkatkan pertumbuhan bakteri sehat di usus, yang berhubungan dengan saluran pencernaan yang sehat.

5. Perkuat Sistem Kekebalan

Vitamin C dan karotenoid yang tinggi dari buah naga dapat menawarkan sifat penambah kekebalan tubuh. Kedua zat ini bisa menetralkan radikal bebas dan mempertahankan sel darah putih dari bahaya.

6. Meningkatkan Zat Besi

Guna memerangi kadar zat besi yang rendah, penting untuk mengonsumsi berbagai makanan kaya zat besi. Salah satunya adalah buah naga. Buah naga memasok zat besi bersama dengan vitamin C, kombinasi yang dapat meningkatkan penyerapan tubuh dari mineral penting ini.

7. Sumber Magnesium yang Baik

Buah naga adalah sumber magnesium, nutrisi yang dibutuhkan untuk lebih dari 600 reaksi biokimia dalam tubuh. Sebut saja mulai dari reaksi yang diperlukan untuk pemecahan makanan menjadi energi, kontraksi otot, pembentukan tulang, dan bahkan pembuatan DNA.

Itulah beberapa manfaat buah naga yang bagus untuk kesehatan tubuh. Buah naga sangat mudah dikonsumsi, yakni dengan langsung dimakan atau ditambahkan ke salad, smoothie, dan yogurt.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: