banner 468x60 banner 468x60

Uji Adrenalin, Wisata Riam Parangek Tawarkan Rafting Seru

  • Bagikan
Wahana seru di Rafting di Riam Parangek. Baruna
Wahana seru di Rafting di Riam Parangek. Baruna

BENGKAYANG, Insidepontianak.com – Siapa tak kenal Kabupaten Bengkayang. Bagi Masyarakat Kalbar, Kabupaten Bengkayang tak asing di telinga. Kabupaten yang dijuluki kota seribu riam, banyak menyimpan pesona alam yang memukau.

Tak hanya bukit dan gunung, di Kabupaten Bengkayang terdapat banyak riam (Air Terjun) dengan jumlah yang tak terhitung.

Riam Parangek salah satunya. Meski terbilang cukup muda usia pengelolaannya. Namun, dengan pesona dan potensi alam yang dimilikinya membuat para wisatawan terus menerus membicarakan wisata tersebut.

Para wisatawan yang sering menjelajah Kalbar, pasti sudah pernah mengunjungi wisata ini. Selain Wisata Camping ground. Riam Parangek juga sebagai wisata olah raga air cukup ekstrim, seperti Arum jeram (Rafting).

Mengenai lokasi, Riam Parangek terletak di Dusun Segonde, Desa Pisak, Kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat.

Untuk wisatawan yang ingin kesana, butuh sekitar 3 jam perjalanan dari Pusat Kota Bengkayang.

Thomas Suparto, pemilik dan pengelola Wisata Riam Parangek mengatakan, wahana unggulan yang dimiliki Riam Parangek adalah olahraga air atau biasa dikenal dengan rafting.

Dikatakannya, setiap wisatawan yang berkunjung, pasti ingin mencoba wahana air tersebut. Karena memang, kata dia, olahraga ini terbilang seru dan mengasyikkan. Wajib untuk dicoba dan menguji adrenalin wisatawan.

“Olahraga rafting ini menjadi wahana andalan kita, dan dapat memberikan pengalaman berkesan pada wisatawan,” tuturnya, Sabtu (25/9/2021).

Thomas selalu pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di wilayah tersebut menyampaikan, untuk tiket masuk ke Riam Parangek, wisatawan harus merogoh kocek, Rp 10 ribu rupiah perorang untuk tiket masuk. Rp 5 ribu rupiah untuk parkir motor, dan Rp 10 ribu rupiah untuk parkir mobil.

Sedangkan, untuk wisatawan yang ingin mencoba wahana air seperti Rafting. Wisata cukup mengeluarkan biaya Rp 50 ribu perorang.

Disampaikan Thomas. Untuk wahana air rafting, satu perahu atau boots rafting maksimal 6 orang dan minimal 3 orang dilayani.

Kemudian untuk rafting ada pemandu atau skipper yg profesional yang menahkodai wisatawan.

“Kita sediakan dua skipper rafting untuk mengawal wahana rafting tersebut,”ujarnya.

Untuk rute rafting, dijelaskannya, memakan waktu hampir 40 menit, melewati aliran sungai yang penuh tantangan, bebatuan terjal, aliran air yang deras dan rintangan yang seru. Cocok untuk anak muda yang suka sensasi serta menguji adrenalinnya.

Dan sebelum hal itu dilakukan, pihaknya akan melakukan edukasi intruksi kepada para wisatawan memberikan pemahaman mengenai proses rafting yang akan dilalui atau briefing.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung, pastikan mempersiapkan diri. Dan harus meluangkan waktu yang cukup leha. Agar kunjungan ke wisata tersebut termaksimalkan.

Tidak jauh dari Riam Parangek, para wisatawan juga bisa mengunjungi Riam Ampang, Pangar, dan Merasap dengan waktu tempuh sekitar 10 menitan.

Kemudian ada juga Riam Marum, jika masih ada waktu dan cuaca yang mendukung, karena jalan yang dilalui menuju Riam Marum kondisinya masih kurang bagus, akan licin ketika hujan..(Baruna)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: