banner 468x60 banner 468x60

Chef Haryo Butuh Donor Darah, Jelang Operasi Jantung Akhir Bulan ini

  • Bagikan
Unggahan Chef Haryo [Instagram/@chefharyo]
Unggahan Chef Haryo [Instagram/@chefharyo]

PONTIANAK, insidepontianak.com – Tinggal hitungan hari, Chef Haryo akan menjalani operasi besar. Tepatnya, pada 30 September mendatang di bagian jantungnya. Dia mengaku membutuhkan donor darah sebanyak 10 kantong.

“Insya Allah Kamis 30 September ini. Pihak rumah sakit minta donor darah kan, 5-10 kantong. Dan waktunya mepet, jadi operasi tanggal 30 September, darahnya itu harus terkumpul tanggal 29,” ungkap Chef Haryo saat dihubungi wartawan, dikutip Suara.com, Sabtu (25/9/2021).

“Kenapa mepet sekali? Memang ada usianya, nggak boleh (lama-lama) nanti rusak, harus fresh,” sambungnya lagi.

Darah yang dibutuhkan juga bukan darah sembarangan. Syaratnya, pendonor belum pernah divaksin Covid-19 atau mengidap Covid-19.

“Jadi saya memang mencari golongan darah O yang belum disuntik Covid, jadi masih murni. Karena saya ini kan komorbid jantung, jadi saya tidak layak untuk disuntik Covid,” jelasnya.

Chef Haryo sendiri cukup optimis bisa mendapat 10 kantung darah itu. Sebab, golongan darahnya merupakan golongan darah yang tak sulit ditemui.

“Saya mendapat keterangan itu, jadi darah yang dibutuhkan itu golongan darah O+, itu darahnya orang Indonesia kebanyakan dan belum disuntik Covid,” sambungnya.

Kini, Chef Haryo tetap terus mengumumkan membutuhkan donor darah di berbagai media sosialnya. Meski sudah mendapat beberapa kantung darah hingga saat ini, darah tersebut belum tentu layak pakai.

“Iya ngumumin di Instagram, di Facebook, kemudian teman-teman pengajian. Insya Allah sudah dapat, cuma masih mengumpulkan beberapa lagi tetap saja,” terang Chef Haryo.

“Karena darah itu harus lewat screaning ya, uji coba apakah mengandung virus atau penyakit atau apa, uji kelayakan dulu lah gitu,” pungkasnya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: